Ratusan Siswa Sekolah Dasar Ikuti Olimpiade Sains Kuark

23 Februari 2016 Berita Pendidikan


Olimpiade Sains Kuark 2016 merupakan ajang kompetisi sains tahunan tingkat nasional di mana pesertanya merupakan siswa Sekolah Dasar (SD)/ MI seluruh Indonesia. Pada Sabtu kemarin, kiranya ada sekitar 226 siswa sekolah dasar dari Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe berkumpul di Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe,untuk mengikuti babak penyisihan OSK.

OSK diselenggarakan dengan tujuan tidak lain merupakan langkah untuk memupuk semangat juang dalam berusaha menjadi yang terbaik. Tidak hanya itu, acara ini juga bertujuan untuk mendorong peningkatan kualitas pembelajaran sains di tingkat sekolah, kota , propinsi maupun nasional.

Andhina Ratri Aryani, salah seorang pengajar muda Indonesia Mengajar mengatakan bahwa OSK ini diikuti dari kelas 1 sampai kelas 6 yang dibedakan menjadi 3 level menurut tingkatan kelasnya. Nantinya mereka yang terbaik akan mengikuti semifinal dan final di Jakarta.

Siswa dalam acara OSK juga turut mengikuri kegiatan mendongeng di mana hal tersebut bertujuan untuk membangun character building melalui metode yang menyenangkan.

Dalam mengikuti OSK, para guru turut mendampingi para siswa dan juga dilibatkan dalam diskusi berbagi pengalaman bersama dan dipandu oleh Bapak Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabiddikdas) Kabupaten Aceh Utara yang diinisiasi oleh Sekolah Sukma Bangsa.

Pembahasan diskusi tersebut tak terlepas dari pendidikan yang masih sulit diakses di sebagian daerah terpencil. Hal ini merupakan tantangan besar bagi para bapak dan ibu guru untuk memikirkan hal ini. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki tanggung jawab untuk mendidik moral kepada anak sekolah dasar sebagai pondasi, yang diselaraskan dengan kemampuan intelegensia.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)