Ratusan Pemuda Berikrar Sumpah Pemuda Jilid 2.0 di Bandung

13 Februari 2012 Berita Pendidikan


BANDUNG - Ratusan pemuda mengucapkan ikrar bersama sebagai bentuk kepedulian pada keberlangsungan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Acara yang merupakan puncak dari penyelenggaraan Indonesian Young Changemaker Summit (IYCS) itu digelar di Gedung Indonesia Menggugat, Bandung, Jawa Barat, Minggu (12/2/2012).

Ratusan pemuda yang berkumpul dan mengucapkan janji dalam acara tersebut adalah perwakilan pemuda dari seluruh Indonesia. Sebelumnya mereka telah mengikuti dan lolos seleksi penyelenggara.

Ketua Panitia IYCS Goris Mustaqim mengatakan, dalam ikrar yang diucapkan hari ini merupakan hasil survei sekitar satu tahun. Dalam survei yang dilakukan secara online itu, penyelenggara memberikan tiga opsi yang dapat dipilih, apakah ingin menggugat, netral, atau mengingatkan diri sendiri.

"Ternyata yang lebih banyak adalah mereka yang ingin berikrar untuk mengingatkan diri sendiri. Kata demi kata yang ada dalam ikrar itu pilihan para pemuda yang mengikuti survei," kata Goris kepada para wartawan.

Ditemui bersamaan, steering commitee IYCS, Ridwan Kamil menjelaskan, kata kunci dalam ikrar yang diucapkan adalah mengenai integritas untuk indonesia yang adil dan makmur. Meningkatkan daya saing, kelestarian lingkungan dan kesepahaman di dalam masyarakat.

"Itu isu yang paling sesuai dengan keadaan kita saat ini," ujarnya.

Sebagai informasi, IYCS adalah suatu konferensi yang mewadahi para pemuda untuk berkumpul dan mewarnai masa depan Indonesia dengan visi dan mimpi para pemuda yang telah berkarya nyata, menyebarluaskan semangat perubahan untuk Indonesia.

Di bawah tema "Sumpah Pemuda Jilid 2.0" IYCS akan menyuarakan komitmen generasi muda di Indonesia terhadap perbaikan kehidupan berbangsa serta berkolaborasi untuk perubahan Indonesia yang lebih baik.

Berikut adalah ikrar yang dibacakan ratusan peserta IYCS:

Kami putra-putri Indonesia, bersumpah untuk menegakkan integritas dan kepedulian demi mewujudkan Indonesia adil dan sejahtera.

Kami putra-putri Indonesia bersumpah untuk berkreasi dan berkolaborasi demi mewujudkan Indonesia unggul dan berdaya saing.

Kami putra-putri Indonesia bersumpah untuk bekerja keras dan bertanggung jawab demi mewujudkan Indonesia lestari selaras dalam keberagaman.

Sumber: kompas.com