Ratusan Guru Sekolah Dasar Siap Dikirim ke Papua Barat

8 Juli 2015 Berita Pendidikan


Mengatasi kekurangan guru di Papua Barat, sebanyak 101 tenaga guru sekolah dasar dikirim oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Hal tersebut juga dimaksudkan demi meningkatkan mutu pendidikan dasar di provinsi tersebut.

Seperti dikatakan oleh Wakil Gubernur Papua Barat, Irene Manibuy di Manokwari, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengirimkan guru ke Papua Barat sebagai program guru garda depan guna meningkatkan mutu pendidikan di daerah terpencil dan tertinggal di Indonesia. Hal ini mengingat bahwa Provinsi Papua Barat masih kekurangan tenaga guru terutama guru sekolah dasar.

Guru yang dikirim oleh Kemendikbud tersebut akan disebar ke berbagai kabupaten diantaranya Kabupaten Manokwari Selatan sebanyak 30 orang, Kabupaten Tambrauw 10 orang, Kabupaten Sorong 30 orang dan Kabupaten Raja Ampat 31 orang.

Lebih lanjut Irene mengatakan bahwa pemerintah Provinsi Papua Barat telah menulis surat kepada Presiden melalui Kemendikbud untuk menambah lagi jumlah guru sekolah dasar karena masih sangat kurang. Penambahan guru dirasa perlu karena pendidikan dasar di povinsi Papua Barat sangat memprihatinkan dan perlu adanya pembenahan secara serius dari Dinas Pendidikan.

Di lain pihak, Herman Syamsuddin selaku Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Nasional Indonesia (PAUDNI) Kementerian Pendidikan Nasional mengatakan bahwa sebaiknya kebijakan pendidikan yang diterapkan di Papua Barat tidak boleh disamakan dengan yang ada di Pulau Jawa oleh Pemerintah Pusat.

Hal ini disebabkan penyebaran guru di Papua belum merata dan pendidikan di daerah ini juga masih jauh tertinggal jika dibandingan dengan Pulau Jawa sehingga harus ditangani oleh kebijakan pendidikan yang berbeda pula. Dengan demikian diharapkan kedepannya pendidikan di Papua dapat sejajar dengan daerah lain di Indonesia.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)