Rakor Bakohumas 2019: Optimalkan Peran Humas Pemerintah Mengantisipasi Berita Hoaks

14 Agustus 2019 Berita Pendidikan


Sebagai upaya untuk mengoptimalkan peran humas pemerintah dalam mengantisipasi berita hoaks yang beredar di masyarakat, Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Pemerintah mengadakan Rapat Koordinasi Pengurus dan Anggota Bakohumas di Hotel Millenium, Jakarta, Kamis (8/8/2019). Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menguatkan tugas dan fungsi kelembagaan Bakohumas sebagai koordinator kerja sama antar kementerian atau lembaga (K/L) dan juga BUMN, khususnya dalam layanan informasi.

Plt. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Rosarita Niken Widiastuti, menjelaskan bahwa tugas humas merupakan ujung tombak K/L dalam diseminasi informasi. Jabatan Fungsional Pranata Humas (JFPH) di K/L harus dioptimalkan dalam mengatasi informasi negatif yang menyerang pemerintah. Penyebaran informasi terhadap masyarakat juga harus ditingkatkan.

Humas K/L diharapkan mengoptimalkan penggunaan Government Public Relation (GPR) widget, penyebaran narasi tunggal, dan melaporkan informasi melalui Sistem Informasi Kredit Program (SIKP). GPR TV dan GPR news di Kemkominfo serta Jaringan Pemberitaan Pemerintah (JPP) bisa dimanfaatkan untuk menyosialisasikan program humas K/L. Informasi lengkap tentang profil pemerintah, berita JPP, pariwisata, dan layanan publik juga dapat disediakan melalui laman Indonesia.go.id.

Kegiatan Bakohumas yang beragam dapat membantu amplifikasi capaian dan kinerja K/L, antara lain, Forum Tematik Bakohumas dan Forum Merdeka Barat (FMB) 9. FMB 9 dapat digunakan jika ada tema lintas K/L yang perlu disampaikan kepada masyarakat dengan menghadirkan para jurnalis.

Pada tahun 2019 ini Kemendikbud sebagai anggota Bakohumas telah menyelenggarakan dua kali Forum Tematik Bakohumas. Forum tersebut dilaksanakan pada 26 Maret 2019 di Jakarta dengan dihadiri sebanayk 120 peserta dan pada 25 - 27 Juli 2019 di Solo sebanyak 60 peserta. Sejak Januari hingga Agustus 2019, Kemendikbud sudah menyebarkan lima narasi tunggal melalui jaringan Bakohumas yaitu Penerimaan Peserta Didik Baru 2019, Revitalisasi SMK, Hari Pendidikan Nasional, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), dan Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) 2019. Dalam kepengurusan Bakohumas, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kemendikbud juga berperan sebagai Wakil Ketua Pelaksana Bakohumas periode 2015 - 2020.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari kemdikbud.go.id)