Raihan Medali Emas Putra-Putri Indonesia di Ajang International Biology Olympiad (IBO)

2 Agustus 2016 Berita Pendidikan


Kabar membanggakan datang dari putra-puri berbakat Indonesia. Pasalnya, Tim Olimpiade Biologi Indonesia berhasil meraih sekaligus mempertahankan medali emas di International Biology Olympiad (IBO) ke-27 di Hanoi, Vietnam.

Ajang bergengsi yang telah dilaksanakan sebanyak 27 kali ini membagi kompetisi menjadi beberapa topik praktikum. Tim Indonesia sendiri mengerjakan empat topik praktikum selama enam jam. Topik praktikum tersebut antara lain ialah anatomi dan fisiologi tumbuhan, anatomi, sistematika dan evolusi cacing dan kupu-kupu, biokimia dan mikrobiologi, biologi molekuler tentang identifikasi forensik dan penentuan dosis obat.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud , Hamid Muhammad turut bangga dan memberi selamat atas kerja keras semua pihak yang mendukung Tim Olimpiade Biologi Indonesia yang kini terbayar dengan baik melalui torehan medali emas yang berhasil dipertahankan.

Dengan perolehan medali ini, Tim Olimpiade Biologi Indonesia kini berhasil menempati posisi 10 besar dunia dan sangat diperhitungkan oleh negara peserta lain.

Beberapa siswa yang berhasil meraih medali emas ini berasal dari sekolah SMAK IPEKA Sunter, Jakarta, Wilson Gomarga, medali perak diraih siswa SMAK3 BPK Penabur, Jakarta atas nama Robin Chandara, medali perak diraih siswa SMAN 1 Kendal atas nama Fatin Camilla Azhari dan medali perunggu diraih siswa SMA 1 Sutomo, Medan, atas nama Andrea Laurentius.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)