Putri Nurhaliza, Siswi Peraih Nilai Sempurna untuk Matematika

8 Juni 2017 Berita Pendidikan


Hasil UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer untuk tingkat SMP telah diumumkan. Putri Nurhaliza, siswi SMP Negeri 1 Ternate berhasil memperoleh nilai sempurna untuk ujian Matematika. Gadis berkerudung ini mendapat nilai 100 untuk Matematika-nya.

Putri mengungkapkan; "Sebenarnya saya tidak begitu suka dulunya dengan Matematika. Namun berkat didikan para guru, orang tua serta tekad dan ketekunan, akhirnya saya menyukai mata pelajaran yang menurut sebagian siswa menjadi momok yang menakutkan. Salah satu jurus yang ia gunakan untuk meraih nilai 100 adalah menyiapkan semuanya dengan seksama. Putri mengaku kerap belajar Matematika secara otodidak. Belajarnya hanya di rumah, tanpa ada les. Saya hanya mengulang mata pelajaran yang didapat dari sekolah saja. Jika tidak paham, buka referensi lewat internet.

Putri yang kelahiran 5 Desember 2001 tersebut mengaku amat senang dan bangga. Padahal awalnya, ia hanya menargetkan bisa lulus UN saja. Memang tidak menyangka. Senang sekali ketika mendengarnya. Awalnya hanya ingin lulus saja, tetapi saat pengumuman dan dibacakan nilai tertinggi Matematika amat senang. Bungsu dari empat bersaudara ini memiliki pola belajar yang tak jauh berbeda dibanding teman-temannya. Hanya saja, ia selalu mengulang materi pelajaran yang didapat setelah makan siang.

Putri mengaku memiliki trik khusus untuk mendapat nilai ujian yang gemilang. Sejak awal semester I di bangku kelas 7, ia mulai fokus mempelajari materi mata pelajaran yang akan diujikan. Metode ini berlaku untuk semua mapel. Hanya saja, Matematika memang ia favoritkan. Bukannya mengesampingkan mata pelajaran lain, tapi lebih banyak fokus di mata pelajaran Matematika. Memang mata pelajaran ini sangat saya senangi. Dan proses penguatan mata pelajaran ujian ini terus saya tekuni mulai dari ikut lomba Olimpiade hingga naik kelas III.

Lulus dengan prestasi yang mentereng, membuat Putri jadi rebutan banyak SMA favorit di Ternate. SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 8, misalnya. SMA Negeri 1 bahkan bersedia menggratiskan seluruh biaya sekolah Putri. Tapi kata ibu dan ayah, terlalu jauh dengan rumah. Terus saran kakak juga lebih baik ke SMAN 8 saja karena pendidikan agamanya sangat bagus.

Kepala Sekolah Putri, Mustamin Hamzah menambahkan, siswanya tersebut merupakan murid yang pandai. Sejak awal, para guru sudah memprediksi ia akan berhasil dalam pendidikannya. Mustamin bahkan sudah memprediksi Putri bakal menjadi rebutan banyak sekolah lantaran prestasinya yang gemilang. Memang ada tawaran banyak sekolah untuk dirinya, namun semua kita kembalikan ke dirinya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)