Berita Pendidikan
29 Oktober 2009

Pusat Pendidikan Pertanian Organik Dairi Dikunjungi an Der Agger Jerman

Yayasan Petrasa sebagai Pusat Pendidikan Pertanian Organik (COFE) di Huta Tikka Desa Panji Bako Kecamatan Sitinjo-Dairi, kedatangan tamu dari Jerman, Selasa (27/10).

Rombongan tamu Jerman yang terdiri dari Pastor Harmurt Domay, Mr Henning dan Pastor Koetter menginap atau tidur bersama petani muda yang sedang mengikuti pelatihan Pendidikan atau Training di Center for Organik Huta Tikka.

Rombongan tamu dari Jerman ini kepada wartawan, Rabu (28/10) mengatakan, sangat terkesan dengan Program Pendidikan untuk pengembangan pertanian petani muda yang datang dari berbagai daerah Sumut.

"Pengembangan Pertanian Organik sangat penting mengingat banyak masyarakat membutuhkan makanan sehat dan peduli kepada lingkungan," kata Pastor Domay menanggapi kehadiran COFE di Huta Tikka Dairi.

Dikatakan, di Jerman produksi pertanian organik lebih mahal dari kimia. Meskipun demikian, masyarakat berlomba untuk mengkonsumsi produksi organik, karena selain membantu petani, organik juga sebagai kepedulian terhadap kesehatan dan lingkungan hidup.

Ditanya mengapa senang tinggal atau menginap di Center for Organic, Pastor Domay mengatakan, jauh dari kebisingan kota, maka kami memilih menginap di desa ini.

Mr Henning yang juga Ketua Pemuda Distrik An der Agger Jerman menyebutkan, orang muda jarang mau bertani di Jerman, hanya sedikit orang muda mau jadi petani. Karenanya produksi hasil pertanian lebih banyak didatangkan dari negara lain seperti Isreal, Amerika Selatan, dan Afrika. "Sayang, dari Indonesia hasil pertanian tidak banyak didatangkan karena terlalu jauh," katanya lagi.

Sementara Pdt Samuel Sihombing, STh Sekretaris Yayasan Petrasa dan juga Dosen Pengajar Pendidikan Petani Muda kepda para tamu mengatakan, setelah Center for Organic Farming Education atau COFE tersebut, pertama kali adalah Pastor Sabine Frauenhoff, Veronika Kufner dan Uwe serta Ms.Gabby dari Nieder Kessel Jerman tahun lalu berkunjung ke sini. "Mereka sangat mengagumi keindahan tanah Dairi terutama Program Pertanian Organik di Dairi," ungkapnya.

Sumber: harian-global.com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris