Purwakarta Kurangi Jam Belajar Sekolah Dasar di Pedesaan

7 Juni 2015 Berita Pendidikan


Kebijakan baru kini tengah dicanangkan oleh pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat dalam hal pendidikan. Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi berencana mengurangi jam belajar siswa Sekolah Dasar (SD) dari tujuh jam menjadi lima jam dalam sehari.

"Kebijakan baru ini akan diterapkan pada Agustus nanti di sekolah-sekolah tingkat SD sekitar perdesaan," papar Dedi.

Ia mengatakan kebijakan itu pada tahap awal akan diterapkan di sekolah-sekolah di wilayah perdesaan, yang anak-anaknya biasa bangun tidur pukul 05.00 WIB sehingga bisa lebih awal memulai belajar.

Dedi juga menambahkan bahwa belajar pagi, bagi anak-anak SD di wilayah perdesaan akan dimulai pada pukul 06.00 WIB, itu cukup bagus. Karena kondisi mereka masih segar. Nantinya Anak-anak SD di perdesaan, selanjutnya akan mulai belajar pukul 06.00 dan hanya belajar di kelas selama lima jam yang berarti akan pulang pada pukul 11.00.

"Dalam waktu dekat, Perbup tentang kebijakan baru itu akan dikeluarkan sehingga saat memasuki tahun ajaran baru kebijakan itu sudah bisa direalisasikan," tukasnya.

Akan tetapi kebijakan baru tersebut nantinya akan diterapkan di sekolah-sekolah dasar yang ada di wilayah perdesaan. Pemerintah kabupaten, ia melanjutkan, masih mencari formula yang tepat agar kegiatan belajar anak-anak SD di perkotaan bisa lebih efektif.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)