Puluhan Karya Teknologi Anak Bangsa Dipamerkan di Ancol

27 Desember 2009 Berita Pendidikan


Sedikitnya 20 karya teknologi anak bangsa terbaik saat ini, mulai Sabtu (26/12/2009) dipamerkan di Dunia Fantasi, Ancol Jakarta Bay City. Pameran bertajuk Edufantasi kerja sama Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan Ancol Jakarta Bay City ini mengusung tema Edutainment, Sinergi dalam Belajar dan Bermain.

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Budi Karya Sumadi mengatakan, Dunia Fantasi merupakan wahana bermain yang di dalamnya sarat dengan aplikasi ilmu pengetahuan, namun banyak yang tidak menyadari hal tersebut. "Sejalan dengan visi Dunia Fantasi, melalui Edufantasi diharapkan dapat memberikan citra belajar dapat dilakukan dengan menyenangkan dan sambil bermain. Sehingga belajar tidak lagi menjadi suatu proses yang tidak menyenangkan," katanya, Jumat (25/12/2009) di Ancol.

Pada pameran bekerja sama dengan ITB ini, akan ditampilkan seperti Water Rocket Himpunan Mahasiswa Mesin, Alat Pendaur Ulang Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia, Teropong Himpunan Mahasiswa Astronomi, Robot Line Follower Himpunan Mahasiswa Elektro, Sulap Kimia Himpunan Mahasiswa Kimia, Pelontar Elektro Magnetic Fakultas teknik Mesin dan Dirgantara.

Juga ada Sepeda Inovasi Anak Keluarga Mahasiswa Seni Rupa, Rompi Anti Peluru Himpunan Mahasiswa Teknik Material, Pesawat Keluarga Mahasiswa Teknik Penerbangan, Software Pencari Jejak Himpunan Mahasiswa Informatika, Software Games Digimon Himpunan Mahasiswa Informasika, Maket Ikatan Mahasiswa Arsitektur, Catur Kreatif Keluarga Mahasiswa Seni Rupa, dan masih banyak karya teknologi lainnya.

Budi Karya Sumadi menjelaskan, pameran digelar hingga 28 Desember 2009, bertujuan untuk membangkitkan rasa percaya diri anak bangsa terhadap potensi yang di miliki oleh putra-putri bangsa agar termotivasi untuk terus belajar dan berkarya. Masyarakat pengunjung Dunia Fantasi dapat belajar dan memperkaya wawasan, dan terinspirasi untuk menciptakan karya yang lebih baik lagi dan berguna bagi bangsa dan negara.

Sejumlah pengunjung Ancol Jakarta Bay City, menyambut baik Pameran Karya teknologi Anak Bangsa ini. "Karena dibuka tanggal 26 Desember, saya harus kembali mengajak anak-anak berlibur sambil belajar dan mudah-mudahan mendorong anak-anak semakin giat belajar, berkreasi dan berinovasi. Anak-anak kadang-kadang memiliki bakat terpendam. Dari ajang Pameran Teknologi Anak Bangsa diharapkan lebih memacu anak-anak giat belajar , berinovasi, dan berprestasi," kata Sudirman, warga Cileduk, Kota Tangerang, ketika ditemui tengah berlibur bersama keluarga di Ancol.

Secara terpisah, Departemen Corporate Plan, Ancol Jakarta Bay City, Sofia Cakti menjelaskan, selain pameran karya dan keprofesian, juga ada talkshow mengenai karya yang dipamerkan, dan hiburan.

Edufantasi merupakan salah satu sarana penyampian ilmu pengetahuan yang di sajikan dengan ringan dan menyenangkan. "Ini merupakan salah satu wujud pengabdian mahasiswa kepada masyarakat umum agar ilmu yang telah dipelajari di perkuliahan dapat bermanfaat juga bagi masyarakat luas," katanya.
NAL/Editor: made
Sumber: Kompas.Com