Berita Pendidikan
24 Maret 2010

PSB SMAN 2: Pendaftaran Bisa Lewat Internet

SMAN 2 Bandar Lampung membuka penerimaan siswa baru (PSB) dengan sistem online. Caranya, buka situs http://smada-bdl.sch.id. Pendaftar tinggal memilih menu PSB online dan mengeklik tombol pendaftaran.
"Untuk pertama kali di Provinsi Lampung, SMAN 2 membuka PSB secara online," kata Kepala SMAN 2 Bandar Lampung Sobirin di ruang kerjanya, Senin (22-3).

Menurut dia, setelah siswa mengeklik tombol pendaftaran, langkah selanjutnya mengisi seluruh data pada formulir yang ada di halaman web, termasuk mengunggah foto pendaftaran.

Setelah itu, pendaftar diwajibkan menyerahkan hasil print out pengisian formulir secara online kepada pihak sekolah. "PSB akan ditutup 22 April. Seluruh berkas yang masuk akan diseleksi pada 24-27 April dan diumumkan 28 April 2010," kata dia.

Proses selanjutnya, mengambil nomor tes pada 28-30 April 2010 di loket pendaftaran penerimaan siswa baru (PSB). Tes akademik dilaksanakan pada 4 Mei 2010, tes kemampuan bahasa Inggris pada 5 Mei 2010, dan wawancara pada 6 Mei. Hasilnya diumumkan pada 12 Mei 2010, pada 14-17 Mei registrasi ulang.

"Satu hal yang harus diingat adalah seluruh proses rangkaian PSB di SMAN 2 Bandar Lampung gratis. Peserta tidak dipungut biaya apa pun, termasuk tes psikologis," kata Sobirin.

PSB kali ini diterapkan lebih awal dari PSB SMA lainnya, sesuai dengan Surat Dirjen Mendikdasmen No. 94/C.C4/MN/2010 tanggal 21 Januari 2010 tentang Mekanisme PSB RSBI di Indonesia.

Penerimaan siswa baru dibuka untuk para siswa SMP/MTs yang tahun ini duduk di kelas IX dan berkelakuan baik, berkemampuan prestasi akademik, dan mengikuti tes.

Mereka yang memiliki prestasi akademik memenangi lomba olimpiade sains, misalnya, dapat mengikuti jalur ini. Mereka juga harus memiliki rapor semester minimal 72,5 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS.

Ada beberapa keuntungan jika siswa mengikuti jalur ini. Jika mereka gagal pada seleksi ini, masih bisa menempuh jalur tes untuk masuk ke SMAN 2 Bandar Lampung.

Sedangkan mereka yang tidak memiliki prestasi di bidang akademis bisa mengikuti jalur kedua, yaitu jalur tes, dengan syarat harus memiliki rapor semester minimal 72,5 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS. MG14/S-1

Sumber: Lampungpost.Com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris