Berita Pendidikan
15 November 2010

Profesionalitas Guru Belum Penuhi Harapan

SEMARANG - Profesionalitas guru dipandang belum memenuhi harapan para pemangku kepentingan. Pasalnya, masih banyak guru yang belum mampu menyusun program pembelajaran secara berkelanjutan dan secara efektif meningkatkan kualitas anak didik. Selain itu, banyak juga yang belum bisa melakukan evaluasi pembelajaran dengan tepat.

Untuk itu, ke depan, pendidikan profesi guru harus betul-betul lebih berorientasi pada kegiatan-kegiatan pembelajaran yang mengarah pada peningkatan kompetensi guru. Terwujudnya guru-guru yang mumpuni dan siap melaksanakan tugas secara mandiri, sangatlah diharapkan di tengah kondisi bangsa yang tengah dilanda krisis multidimensi.

"Pendidikan profesi bukan seperti kuliah di kampus, tetapi harus diarahkan pada pendidikan peningkatan profesinya," ujar Muhdi SH MHum, Rektor IKIP PGRI Semarang, dalam workshop Revitalisasi LPTK untuk Penyiapan Guru Profesional melalui Active Learning in School yang diadakan IKIP PGRI di Hotel Semesta, Minggu (14/11).

Muhdi menambahkan, perlu ada perubahan persepsi di masyarakat bahwa untuk meningkatkan profesionalitas guru, tidak hanya melalui pengumpulan dokumen portofolio, melainkan harus beriringan. Sebab, portofolio hanyalah bukti otentik seorang guru mengikuti berbagai kegiatan kependidikan yang secara tidak langsung membuktikan keprofesionalannya dalam bidang pekerjaan yang dilakoni.

Menurutnya, ke depan, tak perlu lagi ada program pemantapan praktek lapangan (PPL) bagi calon guru, sebab nantinya mereka mengikuti PPG yang tak hanya meningkatkan kompetensi akademik, melainkan pula pedagogik dan sosial.

Ditemui terpisah, Koordinator Decentralized Basic Education 2 USAID Jateng, Vincent P Costa mengatakan, perbaikan pendidikan profesi guru akan lebih meningkatkan mutu pembelajaran. "Proses pembelajaran di sekolah pun akan jadi lebih atraktif dengan keaktifan lebih banyak dari siswa. Guru hanya menjadi fasilitator," ujarnya.

Sumber: suaramerdeka.com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris