Prestasi Anak Indonesia dalam Ajang Olimpiade Online Nasional 2014

18 Desember 2014 Berita Pendidikan


Sekitar lebih dari 1000 sekolah di Indonesia telah mengikuti ajang Olimpiade Online Nasional 2014. Acara yang diselenggarakan secara online dari tiap masing-masing tempat peserta ini terdiri dari 3 jenis kategori lomba yaitu SD,SMP dan SMA

Hal yang membuat kompetisi ini berbeda dengan kompetisi pada umumnya yang menyelenggarakannya di suatu tempat khusus, olimpiade ini diselenggarakan secara online dari tempat masing-masing peserta.

Direktur Utama Orbit Digital Muhammad Andi Zaky yang ditemui dalam acara yang digelar di Taman Mini Indonesia Indah, Rabu (17/12/2014), itu mengatakan, alasan lomba tersebut dilakukan secara online yaitu dalam rangka mendorong pemanfaatan Internet secara positif terutama di Indonesia.

Acara tahun kedua yang diikuti sekolah negeri maupun swasta ini bekerjasama dengan yayasan Orbit Digital dam situs jejaring sosial GeSchool. Keduanya sama-sama aktif dalam upaya pengembangan pendidikan.

Olimpiade tahun ini terdiri dalam empat tahap: tahap seleksi di tingkat kabupaten, seleksi tingkat propinsi, semifinal, kemudian final.

Materi lomba yang harus diselesaikan para peserta berupa pengetahuan tentang Matematika, IPA dan IPS untuk peserta tingkat SD serta SMP.

Sementara tingkat SMA IPA mengerjakan materi Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Indonesai dan Bahasa Inggris, lalu SMA IPS mengerjakan materi Matematika IPS, Ekonomi, Geografi, Sejarah, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Berikut berapa sekolah yang berhasil memenangkan Olimpiade Online Nasional 2014:

Kategori SD

Juara 1 SD Unggulan Al-Ya'lu, Malang
Juara 2 SD Kristen Harapan, Denpasar
Juara 3 SD Al-Azhar 14, Semarang

Kategori SMP

Juara 1 SMPN 3 Denpasar, Denpasar
Juara 2 SMPN 4 Bogor, Bogor
Juara 3 SMPN 1 Praya, Lombok Tengah

Kategori SMA IPA

Juara 1 SMAN 1 Genteng, Banyuwangi
Juara 2 SMAN 2 Balige, Toba Samosir
Juara 3 SMAN 4 Denpasar, Denpasar

Kategori SMA IPS

Juara 1 SMAN 2 Balige, Toba Samosir
Juara 2 SMAN 1 Genteng, Banyuwangi
Juara 3 SMAN 2 Balige, Toba

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)