Presiden Jokowi Segera Resmikan Sekolah Penerbangan di Papua

2 Oktober 2016 Berita Pendidikan


Tepat pada Oktober pekan kedua 2016, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan sekolah pilot di Biak, Papua pada agenda pertama sementara kunjungan. Hal tersebut diungkapkan oleh Staf khusus Presiden Lenis Kogoya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Dalam hal ini, Presiden Jokowi sangat mendukung penuh dalam peresmian sekolah pilot ini. Karena hal ini juga bagian dari upaya pemberdayaan SDM di provinsi tersebut.

Sekolah pilot ini juga nantinya merupakan milik adat dan dikelola secara swadaya serta oleh BUMA atau Badan Usaha Milik Adat. Melalui Lenis, Presiden Jokowi berharap agar putra-putri Papua tidak sekadar menjadi penonton tetapi terjun langsung terutama dalam pembangunan dunia penerbangan di wilayahnya.

Sampai saat ini, sejumlah putra-putri Papua yang sudah diseleksi sedang menjalani pendidikan di Sekolah Penerbangan di Cirebon, Jawa Barat yang jumlahnya berkisar 30 orang dan akan kembali ke Biak ketika sudah siap.

Pemilihan Papua sebagai sekolah penerbangan sangat cocok mengingat kondisi geografis di sana didominasi pegunungan tinggi dan pantai menjadi lokasi yang baik bagi calon-calon penerbang untuk mengasah keterampilannya karena secara langsung menghadapi tantangan awan, angin, dan cuaca Papua yang penuh tantangan.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)