PGRI Desak Pemerintah Susun UU Perlindungan Guru

29 Agustus 2016 Berita Pendidikan


Mengingat maraknya peristiwa kekerasan serta kriminalitas terhadap guru oleh orang tua murid atau sejumlah pihak akhir-akhir ini, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mendesak agar pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk segera menyusun Undang-Undang (UU) Perlindungan Guru.

Pelaksana Tugas Ketua Umum (Plt Ketum) Pengurus Besar PGRI, Unifah Rasyidi mengatakan bahwa pihaknya beserta pribadi turut menyayangkan peristiwa yang terjadi belakangan ini. Maka dari itu, untuk mencegah kekerasan terhadap guru, pemerintah agar segera menyiapkan UU perlindungan profesi guru. Tak hanya itu, pendidikan karakter juga bisa diharapkan sebagai tameng bagi para guru untuk meminimalisir adanya tindak kekerasan.

Akan tetapi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy turut menjelaskan bahwasanya negara sebenarnya telah memiliki aturan perlindungan guru ini melalui PP Nomor 74 Tahun 2008.

Menurut Muhadjir, solusi atas maraknya kekerasan terhada guru kuncinya bukan di UU. Hal ini lebih baik diarahkan ke kode etik profesi yang dilakukan oleh organisasi profesinya.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)