Peserta UN Ulangan Bahasa Terbanyak

29 April 2010 Berita Pendidikan


SURABAYA - Seiring dengan jebloknya nilai Bahasa Indonesia di Ujian Nasional (UN) SMA/SMK, daftar peserta UN ulangan pun didominasi mereka yang mengulang ujian Bahasa Indonesia.

Data dari Dispendik Kota Surabaya, tercatat 1.043 peserta mengikuti UN ulangan Bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia memang yang terbanyak. Ada 1.043 siswa SMA/SMK yang mengulang mata pelajaran Bahasa Indonesia, kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan Dinas Pendidikan Surabaya, Ruddy Winarko dikonfirmasi, Kamis (29/4).

Dari 1.043 siswa yang mengulang, 933 siswa SMK dan 110 sisanya siswa SMA. Secara detail, siswa SMA jurusan Bahasa yang mengulang mata pelajaran Bahasa Indonesia sebanyak 2 siswa, dari IPA 21 siswa dan dari IPS 87 siswa.

Karena banyaknya siswa SMK yang mengulang mata pelajaran Bahasa Indonesia, Dispendik bersama Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) menyediakan enam SMK khusus untuk menampung siswa yang akan mengulang.

Keenam SMK tersebut adalah SMK Negeri 1 di Jalan SMEA, SMK Negeri 2 di Jl TG Pelajar, SMK Negeri 4 di Jl Kranggan, SMK Negeri 5 di Jl. Prof Moestopo, SMK Negeri 6 di Margorejo dan SMK Negeri 7 di Jl. Pawiyatan.

Ketua MKKS, Sugiono mengatakan lokasi-lokasi tersebut dipilih dengan beberapa alasan. Di antaranya melihat daya tampung serta keterjangkauan transportasi, strategis atau tidaknya lokasi dari jangkauan siswa yang akan mengikuti UN ulangan. Kalau untuk SMK 6 selain dua pertimbangan tersebut juga sekaligus karena siswanya banyak yang mengulang. Karena itu, kami lakukan di sana, kata Sugiono.

Sementara untuk SMA, UN ulangan dipusatkan di SMA Negeri 2 Surabaya Jl. Wijaya Kusuma. Secara total, UN ulangan untuk SMA diikuti 225 siswa yang terdiri dari 10 siswa jurusan Bahasa, 64 siswa jurusan IPA dan 151 jurusan IPS. Kalau dari siswanya memang segitu. Tapi kalau di-break down lagi ke masing-masing mata pelajaran jumlahnya bisa ketemu lebih karena 1 siswa bisa mengikuti lebih dari 1 mata pelajaran, ungkap Ruddy.

Sebanyak 230 siswa peserta UN ulangan tingkat SMA, selain 110 siswa yang mengikuti UN ulangan Bahasa Indonesia, tercatat pula 84 siswa mengikuti ujian ulangan Matematika dan 68 siswa Bahasa Inggris.

Untuk jurusan IPA, mata pelajaran yang diulang Fisika (24 siswa), Kimia (17 siswa), dan Biologi (33). Di jurusan bahasa, dua siswa mengulang mata pelajaran Antropologi dan 4 siswa untuk bahasa asing lain - Jepang dan Jerman. Di jurusan IPS, sebanyak 60 siswa mengikuti ujian ulangan Ekonomi, 66 Sosiologi, dan 53 Geografi.

Sedangkan untuk SMK, selain 933 siswa yang mengikuti UN Bahasa Indonesia, 289 siswa mengikuti UN Ulangan Bahasa Inggris. Sebanyak 106 siswa untuk Matematika Teknik, 57 siswa untuk Matematika Bisnis dan 37 siswa untuk Matematika Pariwisata. Untuk peserta ujian ulangan teori Kejuruan tercatat 271 siswa.

Seperti diberitakan sebelumnya, nilai Bahasa Indonesia di UN tahun ini memang menjadi nilai dengan rata-rata terendah dibandingkan mata pelajaran lain yang diujikan. Di jurusan IPA, rata-rata Bahasa Indonesia 7,54, jurusan IPS 7,02 dan jurusan Bahasa 6,35. ang

Sumber: surabayapost.co.id