Pesawat Rakitan SMKN 29 Jakarta "Mejeng" di PRJ

15 Juni 2012 Berita Pendidikan


Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 29 Penerbangan Jakarta memamerkan pesawat hasil rakitan siswa-siswanya di ajang Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2012. "Kami baru menghasilkan satu unit pesawat. Tujuan kami memamerkan di sini untuk menjadi motivasi dan membakar semangat anak-anak. Selain itu, kita juga ingin unjuk gigi bahwa kita mampu berkarya," kata Sugiyanto, tenaga ahli dari Federasi Aero Sport Indonesia (FASI), di PRJ, Kamis (14/6/2012).

Ia menambahkan, sementara ini SMKN 29 hanya merakit pesawat Jabiru. Bahan-bahannya hasil impor dari Australia. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu unit pesawat adalah tiga setengah bulan. Dana untuk perakitan pesawat disokong oleh Pemerintah Daerah DKI Jakarta.

SMKN 29 berhasil menerbangkan pesawat itu di lapangan terbang Pondok Cabe, 12 april 2012. Selanjutnya, tutur Sugiyanto, SMKN 29 bertekad untuk merakit pesawat dengan bahan-bahan dari Indonesia.

Pesawat Jabiru J430 dapat terbang jelajah Jakarta-Pekanbaru dengan jarak 950 kilometer dengan kecepatan 120 mph dalam satu kali isi bahan bakar. Pesawat ini mampu mengangkut empat orang penumpang.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, telah meresmikan pesawat hasil rakitan SMKN 29 Jakarta di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, pertengahan Mei 2012.

Sumber: Kompas.com