Pesan Mendikbud untuk Orang Tua

18 November 2014 Berita Pendidikan


Pekan lalu, Anies Baswedan menghadiri undangan dari sebuah stasiun TV Swasta di Jakarta. Anies menyampaikan beberapa pesan bagi para orang tua untuk mendidik anak -anak mereka di rumah dengan baik.

Mendikbud mengemukakan, kunci dari pendidikan adalah orang tua, guru, serta kepala sekolah. Kuci tersebut menjadi fokus pendidikan di Indonesia. Guru harus bisa menjadi inspirasi bagi siswanya, tidak hanya mengajar.

Begitu pun dengan orang tua. Orang tua adalah pendidikan terpenting, Mereka memiliki peran yang penting dalam mendidik anak - anaknya di rumah. Namun, orang tua tidak mendapatkan pelatihan khusus untuk mendidik anak. Berbeda dengan guru yang ada pelatihannya.

"Orang tua sering harus belajar sendiri dan tidak sering tidak tahu harus mencari ke mana." kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Anies juga mengatakan, anak - anak sering terekspos seiring dengan kemajuan jaman. Bila orang tua tidak mengawasinya, maka mereka tidak dapat mengarahkan anaknya dengan baik.

"Jadi buat yang sudah menjadi orang tua, yuk belajar menjadi orang tua yang baik karena jaman ini perubahannya begitu cepat." katanya.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)