Pesan Mendikbud untuk Guru

19 Juni 2016 Berita Pendidikan


Menteri Kebudayaan dan Pedidikan (Mendikbud) Anies Baswedan memmbuat peraturan atas kekerasan fisik dalam bentuk apapun. Tidak diperbolehkan. Ia mengatakan aturan ini sudah berlaku di 100 negara, termasuk Indonesia.

Menurut Anies, kekerasan yang dianggap mampu mendisiplinkan anak itu hanya berlaku di masa kolonial. Agar tidak dipidana orang tua siswa, Anies menganjurkan guru agar tidak mencubit, sentil, dan hukuman kekerasan fisik lainnya terhadap siswa.

Anies menuturkan Kemendikbud tengah menyiapkan buku panduan untuk para guru. Buku panduan ini ditujukan untuk guru agar tidak melakukan kekerasan fisik untuk mendisiplinkan anak.

"Mengajar anak itu mengetes kesabaran, harus mampu mengelola emosi berbeda dengan proses mendisiplinkan, jangan anak jadi peluapan emosi," tegasnya.

DPD RI dari Kepulauan Riau Hardi S. Hood mengatakan harus ada usaha untuk melunakkan posisi guru dengan murid saat kegiatan belajar.

"Harus dibentuk posisi guru yang bekerja sama dengan siswa, siswa tidak sungkan kepada guru untuk berdiskusi tetapi tetap hormat kepada guru, sehingga potensi tindak kekerasan guru terhadap siswa dapat diminimalisir," ‎pungkasnya.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)