Perpres Pendidikan Karakter Segera Diterbitkan

7 September 2017 Berita Pendidikan


Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyampaikan bahwa Perpres Pendidikan Karakter atau dikenal sebagai aturan Full Day School akan segera terbit. Sebab, penyusunannnya sudah memasuki tahap akhir. Sekarang dalam proses untuk diterbitkan, aturan itu sudah dibahas di rapat sinkronisasi Kementerian Hukum dan HAM.

Sebagaimana diketahui, Perpres Pendidikan Karakter adalah pengembangan dari Permendikbud Pendidikan Karakter yang ditolak oleh publik saat masih dalam tahap penyusunan. Sebab, aturan itu mengandung kebijakan sekolah delapan jam atau Full Day School yang dikritisi berbagai pihak.

Sejak disampaikan Presiden RI Joko Widodo bahwa Permendikbud itu akan diperkuat menjadi Perpres, sedikit sekali kabar soal perkembangan soal Perpres itu. Kalaupun ada, cenderung mengambang. Sebagai contoh, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sempat mengatakan bahwa pemerintah tengah mencari cara agar aturan Full Day School lebih bisa dipahami publik dan sekolah.

Pratikno enggan menyampaikan apa saja yang berubah dari Permendikbud pada draft terbaru Perpres Pendidikan Karakter. Ditanyai apa alasannya, ia hanya mengatakan bahwa saat ini bukan waktu yang pas.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)