Perguruan Tinggi China Terus Bidik Pelajar Indonesia

4 November 2011 Berita Pendidikan


JAKARTA - Sebanyak 15 universitas terkemuka China, di antaranya yang ikut berperan dalam proyek pesawat luar angkasa Shenzhou, akan mengadakan pameran pendidikan di Semarang dan Surabaya. Perguruan-perguruan tinggi asal Negeri Panda itu tampaknya serius "menyerbu" para pelajar Indonesia untuk berkuliah di sana.

Direktur Beijing Language & Culture Institute (BLCI) Samuel Wiyono, dalam siaran persnya kepada Kompas.com, di Jakarta, Kamis (3/11/2011), mengungkapkan, pada penyelenggaraan "13th China Education Fair 2011" ini perguruan tinggi China memang ingin menjaring sebanyak-banyaknya pelajar Indonesia. Sebagai daya tarik, lanjut Samuel, beberapa universitas tersebut bahkan menawarkan biaya kuliah dan asrama sekitar Rp 18 juta per tahun. Plus, beasiswa asrama atau boarding scholarship bagi mahasiswa yang mendaftar ketika pameran berlangsung dan memenuhi syarat.

"Mereka juga berkesempatan mendapatkan beasiswa langsung hingga Rp 14 juta di universitas tertentu serta beasiswa provinsi sebesar Rp 28 juta per tahun dengan syarat tertentu. Mereka juga digratiskan biaya aplikasi dan registrasi di universitas tertentu, selain beragamnya bidang studi yang ditawarkan dan kesempatan magang," jelas Samuel.

Ia mengungkapkan, saat ini kuliah di China juga dilaksanakan dengan pengantar bahasa Inggris. Untuk itu, pelajar bisa langsung mengikuti kuliah program gelar tanpa harus lebih dulu belajar bahasa Mandarin.

"Tapi, karena dapat pelajaran Mandarin dan tinggal di sana, siswa diharapkan juga menguasai bahasa Inggris dan Mandarin setelah selesai nanti. Jadi, bisa menghemat biaya dan waktu," kata Samuel.

Tahun ini, "13th China Education Fair 2011" akan dihelat di Hotel Horison, Semarang, pada 9-10 November 2011. Sebelumnya, pameran ini juga akan digelar di Jakarta, Jumat-Sabtu (5 dan 6 November), dan dilanjutkan di Hotel Tunjungan, Surabaya, Jawa Timur, pada 12 dan 13 November mendatang.

Adapun lima belas perguruan tinggi terkemuka yang rencananya hadir dalam pameran pendidikan di Semarang ini adalah Harbin Institute Technology, Shenyang Aerospace University, Beijing Jiaotong University, Dongbei University Finance Economics-Dalian, Shandong Univeresity Science Technology-Qingdao, Nanjing University Information Science Technology, Nanjing University Aeronautics Astronautics, Nanjing Audit University, Wuhan University Technology, Blue Mountains Hotel School-Suzhou/Tianjin, Xian Jiaotong Liverpool University-Suzhou, Sino British College-University Shanghai Science Technology, Ningbo University, University Nottingham, Ningbo, serta Jiangxi Normal University-Nanchang.

"Di sana, kami sediakan penerjemah guna memudahkan berkomunikasi dengan pihak universitas langsung," ujarnya.

Sumber: tempointeraktif.com