Pergantian Kepsek di Padang Diwarnai Demo oleh Ratusan Murid

7 Mei 2014 Berita Pendidikan


Kepala sekolah memegang peranan dalam mengkoordinasikan dan mengarahkan semua sumber daya pendidikan yang tersedia di sekolah. Kepala sekolah juga merupakan sosok yang dihormati oleh semua murid dan guru. Sehingga ketika seorang kepala sekolah yang disayangi hendak diganti sosoknya dengan yang lain maka akan terjadi 'keributan'. Hal inilah yang terjadi di sekolah SMAN 3 Padang.

Sejumlah besar murid SMAN 3 Padang, Sumatra Barat, melakukan demo untuk menolak mutasi kepala sekolah kesayangan mereka ini ke sekolah lain. Kepala SMAN 3 Padang, Monalisa, memang dikenal dekat dengan siswanya. Para murid mendapat kabar bahwa kepala sekolah mereka akan dimutasi menjadi guru biasa di SMAN 5 Padang setelah menjabat sebagai kepala sekolah selama empat tahun,

Ketua OSIS SMAN 3 Padang, Ganang Wicaksono menyatakan, aksi demonstrasi ini merupakan bentuk kekecewaan mereka atas penggantian Monalisa. "Karena di masa kepemimpinan beliau SMAN 3 Padang berhasil menyabet banyak prestasi di tingkat kota, provinsi bahkan nasional," ujar Ganang.

Salah satu pelajar SMAN 3, Nisyia, menyebut, banyak siswa tidak setuju penggantian kepala sekolah ini. Nisyia berujar, banyak siwa yang menangis dan marah. "Banyak yang enggak setuju, soalnya kepsek yang baru pengganti bunda ini terlalu fokus ke akademik. Jarang ngadain acara di sekolah. Anak-anak jenuh belajar terus," ucap Nisyia.

Menurut Nisyia, sang kepala sekolah memiliki jaringan yang luas. Berkat hal tersebut, banyak siswa SMAN 3 Padang yang diterima lewat jalur undangan di kampus dalam negeri dan di luar negeri. Para siswa menggelar aksi demo hingga dua kali, belum lama ini. Mereka membawa spanduk-spanduk yang berisi penolakan mutasi Monalisa.

Hingga saat ini, ratusan siswa SMAN 3 Padang masih mogok belajar. Bahkan, guru-guru pun juga ikut mogok mengajar untuk mendukung penolakan mutasi ini. "Kemarin belajar, tapi satu mata pelajaran aja. Besok juga begitu, paling belajar satu mata pelajaran, sisanya kami main sampai tuntutan kami dikabulkan," tuturnya.

SMAN 3 Padang merupakan salah satu SMA negeri unggulan di kota Padang. Selama empat tahun kepemimpinan Monalisa, SMAN 3 Padang berhasil masuk menjadi sepuluh besar sekolah unggulan se-Indonesia. Jika kepala sekolah diganti, siswa khawatir prestasi SMAN3 Padang tidak secemerlang di masa kepemimpinan Monalisa.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari Okezone.com)