Percayalah pada SDM Kita Sendiri!

4 Maret 2010 Berita Pendidikan


DEPOK, KOMPAS.com - Jika diberi kesempatan, sumber daya manusia (SDM) Indonesia tidak kalah dengan SDM yang dimiliki oleh negara asing. Globalisasi tidak perlu ditakutkan secara berlebihan.

Demikian diungkapkan Guru Besar Ekonomi Universitas Gunadarma Didin Mukodim seusai dikukuhkan sebagai guru besar ekonomi di Depok, Rabu (3/3/2010). Didin mengatakan, SDM yang ada saat ini tidak kalah dengan SDM yang dimiliki oleh negara asing.

"Kalau diberi kesempatan SDM kita mampu bersaing," ujar Didin, yang juga mengatakan bahwa globalisasi tidak perlu ditakutkan secara berlebihan.

Didin mencontohkan, sebuah perusahaan mie instan Indonesia mampu bersaing di pasar internasional dengan SDM yang dimiliki Indonesia. Jika memang ada perusahaan yang tidak kuat untuk bersaing, lanjut dia, harus didorong dengan kebijakan yang mendukung.

"Pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan keterampilan perlu terus dilakukan," ujarnya.

Di bidang teknologi informasi, misalnya, Didin mengatakan harus terus diikutsertakan SDM untuk meningkatkan kemampuannya. "Teknologi akan selalu berkembang dan harus terus diantisipasi perkembangannya," ujarnya.

sumber: kompas.com