Peran Penting SMK dalam Berantas Angka Kemiskinan Indonesia

15 Januari 2016 Berita Pendidikan


Tidak seperti dahulu, pandangan masyarakat akan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kini telah bergeser ke arah yang lebih positif. Pasalnya, justru lulusan SMK kini semakin diperhitungkan di dunia industri dan pun jika ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi seperti masuk perguruan tinggi, tidak menutup kemungkinan dan bahkan bisa bersaing lebih baik dengan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Seperti yang dikatakan oleh Eka Simanjuntak, selaku Anggota Koalisi Masyarakat Sipil untuk Transformasi Pendidikan (KMSTP), ia mengungkapkan bahwa terdapat beberapa hal yang membuat SMK juga perlu dianggap penting. Di mana SMK menjadi salah satu solusi rencana peningkatan dan mendorong ekonomi negara.

Eka berpendapat, lulusan SMK dinilai mampu menggerakan infrastruktur, pelabuhan dan sebagainya. Lulusan SMK juga memiliki peranan penting dalam daya saing bangsa. Kualitas mereka sangat berpengaruh pada daya saing negara di tingkat global.

SMK ini juga memberi dampak penting dalam memberantas kemiskinan. Karena, lulusan-lulusannya telah memiliki skill. "Kalau masyarakatnya punya skill, pasti hidupnya lebih baik," ujar Eka.

Kehadiran SMK yang dapat memberantas kemiskinan, otomatis juga dinilai ikut berkontribusi dalam mengurangi pengagguran di Indonesia. Hal ini yang harus dipertahankan dan kalau bisa dikembangkan.

Maka dari itulah pembekalan dari saat masih di SMK dan ingin terjun ke industri sangatlah dibutuhkan sehingga lulusan-lulusan SMK nantinya akan memiliki skill yang mampu diterapkan serta bermanfaat bagi orang lain.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)