Peran Keluarga Sangat Penting dalam Ekosistem Pendidikan

29 Juli 2016 Berita Pendidikan


Ki Hajar Dewantara pernah mengatakan bahwa keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat adalah tri sentra pendidikan. Kerja sama dari tri sentra ini sangat dibutuhkan demi meningkatkan mutu pendidikan. Maka dari itu, peran orang tua sangat penting untuk kesuksesan anak.

Karena peran keluarga sangat penting, Direktur Pembinaan Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Sukiman, beranggapan pendidikan keluarga perlu dilakukan. Ia berharap seluruh masyarakat bisa ikut aktif dalam program ini.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan juga mengatakan kemajuan negara sangat ditentukan dari kualitas penduduknya. Kualitas layanan pendidikan dan kesehatan anak sangat berpengaruh pada kualitas penduduk.

Orang tua harus bersikap sesuai dengan porsinya dan guru pun harus tetap profesional. Peran guru sangat dibutuhkan dalam memberikan pendidikan kepada anak didik. Selain itu, guru juga harus menjadi tempat konsultasi yang baik bagi orang tua terkait perkembangan pendidikan anaknya.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)