Pentingnya Pembaruan dalam Pengembangan dan Pembinaan Layanan Terpadu

17 Oktober 2019 Berita Pendidikan


Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Ade Erlangga Masdiana menekankan perlunya memperbarui mutu pegawai birokrasi di bidang pelayanan publik. Hal ini sejalan dengan program prioritas Presiden Joko Widodo untuk memprioritaskan pembangunan SDM. Sumber daya kita harus terus diperkuat untuk bisa memberikan layanan profesional.

Peserta yang datang berasal dari perwakilan guru, kepala sekolah, dan operator, baik di sekolah maupun dinas pendidikan. Selain itu hadir pula peserta dari unit pelaksana teknis (UPT) Kemendikbud, yaitu Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB), Balai Arkeologi, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB), dan BP PAUD Dikmas.

Ade mencontohkan cara sederhana yang bisa diterapkan dalam memperbarui budaya organisasi. "Senyum, sapa, salam, sopan dan sabar," kata Ade seraya mengajak para peserta untuk membiasakan hal tersebut secara kontinu di lingkungan kerja masing-masing.

Ade juga menyampaikan, pegawai yang diberi amanah untuk melayani publik harus aktif mencari inovasi sesuai perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Sumber daya kita harus terus diperkuat untuk lebih kreatif. Seseorang yang bekerja di bidang layanan publik harus kreatif mengembangkan dirinya. Terbuka menerima ide baru. Inovatif melakukan perubahan karena kita adalah 'Agent chatalyze of change',.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)