Penggemar Kopi Ternyata Keturunan

12 April 2011 Berita Pendidikan


Apabila anda adalah salah satu dari mereka yang memiliki 'ritual wajib' harus meminum secangkir kopi di pagi hari, ada kemungkinan kebiasaan itu berasal dari gen Anda.

Para ilmuwan menemukan mereka yang memiliki dua versi gen CYP1A2 dan AHR lebih cenderung menginginkan kafein, menurut laporan The Daily Mail. Tubuh mereka yang termasuk kategori ini dapat menghancurkan kafein lebih cepat sehingga bisa mentoleransi kopi dengan lebih baik.

Dr Neil Caporaso, peneliti senior dari National Cancer Institute berujar, "Orang mungkin tidak menduga, tetapi genetika memainkan peran besar dalam banyak perilaku, seperti merokok dan konsumsi alkohol. Dan, kini terbukti bahwa gen juga berperan besar dalam berapa banyak kafein yang bisa kita minum."

Peneliti dari Harvard School of Public Health mengikutsertakan gen dari sekitar 47 ribu orang dewasa paruh baya di AS. Mereka diajukan pertanyaan tentang asupan kafein seperti kopi, teh, soda, dan cokelat.

Orang-orang dengan gen-gen spesifik di atas cenderung untuk minum rata-rata lebih 40 miligram kafein sehari, setara dengan sekaleng soda atau sepertiga dari secangkir kopi. Kadar itu lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki versi gen-gen.

Sumber: mediaindonesia.com