Penerimaan Siswa Baru, Sudah Tahu 3 Tahap Pendaftaran Ini?

22 Juni 2010 Berita Pendidikan


BOGOR - Menurut Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2010/2010 untuk semua jenjang pendidikan di wilayah tersebut dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama dimulai pada 28-30 Juni untuk calon siswa dari keluarga tidak mampu dan calon siswa seleksi prestasi non-akademik.

Demikian disampaikan Humas Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Rony Kusmaya, dalam siaran persnya, Senin (21/6/2010). Dikatakannya, setiap sekolah menyediakan kuota 5 sampai 10 persen dari daya tampung yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan ekonomi masyarakat sekitar. Sedangkan kuota untuk siswa seleksi prestasi non-akademik maksimal 5 persen dari daya tampung sekolah.

Khusus para calon siswa dari keluarga tidak mampu yang diterima pendaftarannya dan berdomisili dekat dengan sekolah, harus menyertakan surat keterangan Gakin (keluarga miskin) asli dari RT dan dilegalisir RW, serta kepala desa setempat. Sedangkan siswa seleksi prestasi dibuktikan dengan sertifikat, piagam atau surat penghargaan lainnya.

Sementara itu, tahap dua PPDB dimulai pada 30 Juni - 3 Juli melalui seleksi akademik. Seleksi akademik ditentukan melalui selisih dari jumlah daya tampung setelah dan dikurangi kuota untuk siswa tidak mampu. Sedangkan untuk calon siswa dari keluarga tidak mampu yang belum mendaftar pada tahap pertama, bisa diterima pada pendaftaran tahap dua tanpa seleksi selama kuota masih tersedia.

"Seleksi akademik ini menggunakan hasil Ujian Akhir Sekolah Bertaraf Nasional (UASBN) dan Ujian Nasional (UN)," ujar Rony.

Untuk PPDB tahap tiga, lanjut Rony, baru dilaksanakan pada 15-30 Juli mendatang. Tahap PPDB ini digunakan untuk pendaftaran dan penyaluran calon siswa SMP/SMA Terbuka, SD-SMP Satu Atap, SMP Kelas Jauh, Paket B, serta SMP/MTs/SMA/MA/SMK yang daya tampungnya masih ada dan dapat menerima lulusan Paket A dan B.

Dikatakannya, untuk calon siswa SD/MI diprioritaskan kepada calon siswa yang berusia 12 tahun dahulu, sampai enam tahun. Sedangkan seleksi berdasarkan pada peringkat nilai UASBN.

Sementara bagi sekolah bertaraf nasional dan kategori mandiri dapat melaksanakan tes dengan seizin kepala dinas. Pengumuman calon siswa yang diterima pada tahap I dan II dilaksanakan serentak pada 6 Juli.

Untuk pendaftaran ulang, Dinas Pendidikan Kota Bogor menjadwalkannya mulai 7 sampai 9 Juli. Dinas Pendidikan, kata Rony, menetapkan jumlah siswa dalam satu rombongan belajar sebanyak 40 orang untuk SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA, sedangkan untuk jenjang SMK tergantung dari kelompok jurusannya.

"Misalnya, SMK pembangunan 32 orang, SMK kelompok seni 24 orang , dan SMK kelompok kerajinan 36 orang," tambahnya.

PPDB DKI

Sementara itu, Dinas Pendidikan DKI Jakarta memaparkan, untuk tahun ajaran 2010/2011 ini masa PPDB tahap I untuk tingkat SD sudah berlangsung pada 14-16 Juni lalu. Tahap II akan dibuka pada 21-22 Juni.

Sehari setelah PPDB tersebut, setiap calon siswa diharuskan melakukan proses lapor diri. Kegiatan belajar-mengajar siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) baru akan dimulai pada 12 Juli 2010 mendatang.

Sumber: edukasi.kompas.com