Penempatan Tenaga Pengajar di Aceh Selatan Belum Merata

3 September 2009 Berita Pendidikan


Tapaktuan - Penempatan tenaga pengajar di kabupaten Aceh Selatan dinilai belum merata, sehingga banyak sekolah di daerah pedalaman kekurangan guru.

Guru banyak berkumpul di kota Kabupaten, padahal banyak banyak sekali sekolah di daerah pedalaman kekurangan tenaga pendidik, kata Ketua sementara DPRK Aceh Selatan Zirhan di Tapaktuan, Rabu 01/09 .

Untuk mengisi kekurangan guru di daerah, ia minta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat mengatur kembali penempatan para guru yang menumpuk diibukota Kabupaten. Penempatan guru secara merata di wilayah kecamatan dan daerah pedalaman dinilai bermanfaat bagi mempercepat program peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) daerah ini.

Koordinator Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Aceh Selatan, Devi Satria Saputra mengatakan, Pemkab diharapkan membenahi berbagai hal yang terkait dengan pendidikan daerah ini.

Memasuki usia ke-50 tahun Hari Pendididkan Daerah (Hardikda) Provinsi Aceh yang diperingati setiap 2 September itu, ia menyatakan prihatin terhadap sarana pendidikan di Aceh Selatan. Hingga saat ini masih ada Sekolah Dasar (SD) yang menyewa balai desa dan gedung PKK desa untuk kegiatan belajar mengajar, bahkan ada sekolah yang hanya memiliki seorang guru, katanya.

Pengurus Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (BADKO HMI) Aceh itu minta Bupati mengembalikan pegawai negeri sipil (PNS) guru yang bertugas di Dinas, Badan dan Kantor ke lembaga pendidikan. Pemerintah harus profesional dan menganut azas pemerataan dalam penempatan tenaga pengajar di Aceh Selatan, kalau tidak pendidikan daerah ini akan semakin terpuruk, katanya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan H Zulkarnaini mengaku banyak guru yang menumpuk diibukota Kabupaten, Tapaktuan, sehingga di daerah pedalaman mengalami kekurangan.

Benar, banyak guru berada diibukota Kabupaten, Tapaktuan. Kami telah mengusulkan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) untuk mengatur penempatan guru, katanya. (ant)

Sumber: beritasore.com