Berita Pendidikan
15 Maret 2010

Pendidikan Jasmani Perguruan Tinggi 2 Kredit

Pendidikan jasmani idealnya diajarkan di perguruan tinggi sebagai salah satu mata kuliah wajib yang diberikan dua satuan kredit semester. Tak hanya agar bisa memaksa mahasiswa berolahraga, tetapi pendidikan jasmani amat penting untuk membentuk sikap sportif sebagai bagian dari karakter mahasiswa.

Sisi akademis siswa mesti ditunjang dengan sisi nonakademis. Saya rasa, dua SKS di setiap fakultas itu cukup dan tak membebani, ujar Dasril Anwar, Deputi Keolahragaan, Peningkatan Prestasi, dan Iptek Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga di Yogyakarta, Sabtu (13/3).

Saat ini Institut Teknologi Bandung dan Universitas Padjajaran menerapkan mata kuliah pendidikan jasmani. Menyinggung evaluasi penerapannya di dua kampus tersebut, Dasrul tidak memaparkannya. Namun ia menegaskan, nilai-nilai sportivitas dan kejujuran dalam pendidikan jasmani tidak bisa dinikmati seketika.

Mengapa kita perlu sportif, mengapa kita perlu jujur, itu filosofi yang diharapkan bisa didapat dari pendidikan jasmani. Dalam kuliah dan agama, kejujuran dan sportivitas ditanamkan. Namun, di pendidikan jasmani, dengan badan bergerak, berolahraga, dan bertanding, penanaman nilai spiritual akan lebih mudah. Dalam olahraga kita diajarkan bahwa proses lebih bermakna ketimbang hasil, tutur Dasril.

Tentang pembagian materi antara praktik dan teorinya, hal itu terserah kampus. Dasril menyarankan, kampus yang mempunyai program studi keolahragaan bisa menjadi mitra kampus lain yang mempunyai mata kuliah wajib pendidikan jasmani.

Secara terpisah, Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Amin Abdullah menyambut positif usul Dasril. Namun, menurutnya, semua pihak perlu duduk bersama guna membahasnya. Jangan sampai pendidikan jasmani malah membebani mahasiswa.

Berolahraga sangat lekat dengan keseharian, seperti makan dan minum. Jadi, mestinya berolahraga rutin sudah menjadi aktivitas harian, ujarnya. (PRA)

Sumber: Kompas Cetak (kompas.com)

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris