Berita Pendidikan
20 April 2010

Pendidikan Bermutu Masih Jadi Mimpi

Jakarta, RMexpose - Pendidikan bermutu masih menjadi mimpi bagi sebagian anak-anak di Indonesia, khususnya di daerah terpencil, kawasan terluar perbatasan negara Indonesia dan anak-anak yang terpinggirkan (marjinal). Padahal, hak seluruh anak Indonesia mendapat pendidikan bermutu tanpa terbatas ruang, tempat dan waktu.

Guna mengatasi permasalahan ini, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) menggelar program Pendidikan untuk Semua melalui Pekan Aksi Global Pendidikan untuk Semua 2010.

Direktur Pendidikan Masyarakat (Ditjen PNFI) Kemendiknas Ella Yulaelawati mengatakan, tema tahun ini adalah Pembiayaan Pendidikan Bermutu: Hak untuk Semua. Kegiatan ini digelar di tiga kota, yaitu di Jakarta, Bandung, dan Makassar pada 1925 April 2010.

Aspek pembiayaan program pendidikan untuk semua itu cukup problematis. Banyak pertanyaan mengenai berapa sebenarnya standar biaya pendidikan bermutu untuk semua orang. Apakah pembiayaan itu akan bermanfaat atau malah mubazir? Ini yang ingin kita jawab melalui kegiatan ini, ujar Ella.

Guna mendidik anak-anak yang terpinggirkan (marjinal), pemerintah tidak cukup hanya memikirkan aspek pendidikannya saja. Tapi juga aspek kebutuhan dasar mereka.

Seminar ini akan menghadirkan narasumber antara lain Mendiknas Prof Dr Ir Mohammad Nuh, Rektor Universitas Paramadina Mulya Anies Baswedan, Abbas Ghazali PhD (UIN Jakarta), serta Nina Sapti Triaswati PhD (UI).

Selain seminar, kata Ella, ada acara lain yang sengaja diadakan untuk memberikan tekanan pada sasaran program Pendidikan untuk Semua, yaitu workshop layanan pendidikan bagi para orang lanjut usia. NOVSumber: rmexpose.com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris