Pendidikan Anak Cerdas Istimewa Harus Sistematis dan Terarah

25 Agustus 2009 Berita Pendidikan


Perlunya perhatian khusus bagi anak-anak cerdas dan berbakat istimewa (CI+BI) merupakan salah satu upaya mengembangkan potensi peserta didik secara utuh dan optimal.
Apalagi, seperti yang tercantum dalam UU No 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 5 Ayat 4 bahwa setiap warga negara yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa berhak memperoleh pendidikan khusus, perhatian khusus ini semakin dibutuhkan.

"Namun, pengembangan potensinya memerlukan strategi yang sistematis dan terarah," ujar Amril Muhammad, Sekretaris Dewan Pembina Cugenang Gifted School, di Cianjur, Jawa Barat, Jumat (21/8). Tanpa layanan pembinaan yang sistematis terhadap siswa yang berpotensi cerdas istimewa, lanjut Amril, bangsa Indonesia akan kehilangan sumber daya manusia terbaiknya.

"Strategi pendidikan yang ditempuh selama ini bersifat massal dalam memberikan perlakuan standar atau rata-rata kepada semua siswa sehingga kurang memperhatikan perbedaan antar siswa dalam kecakapan minat dan bakatnya," ujarnya.

Dengan strategi semacam itu, kata dia, keunggulan akan muncul secara acak dan sangat bergantung pada motivasi belajar dan lingkungan belajar-mengajar siswa. Oleh karena itu, perlu dikembangkan keunggulan siswa agar potensi yang dimilikinya bisa menjadi prestasi yang unggul.

"Perhatian khusus itu bukan diskriminasi, tetapi semata untuk memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa," ujar Amril.

Dia mengharapkan, penyelenggaraan pendidikan khusus untuk siswa CI+BI kian menumbuhkan potensi-potensi para siswa yang selama ini belum berkembang secara optimal.

LTF

Sumber: Kompas.Com