Pendaftaran SNMPTN Semakin Dekat, Banyak Sekolah Ajukan Revisi Nilai Rapor

7 Februari 2016 Berita Pendidikan


Menjelang dibukanya pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) banyak sekolah yang mengajukan revisi nilai rapor siswanya.

Usulan perubahan nilai rapor itu kerap dilakukan selama waktu pengisian pangkalan data statistic siswa dan sekolah (PDSS). Maraknya permintaan revisi nilai rapor memang tidak bisa dipakai acuan apabila terjadi pengatrolan nilai rapor. Namun hal tersebut bisa menjadi celah untuk mengubah nilai rapor siswa dari yang semula jelek, menjadi lebih baik.

Menurut Kordinator Kelompok Kerja (Pokja) Humas Panitias Pusat SNMPTN 2016 Bambang Hermanto, kebiasaan sekolah mengajukan revisi nilai rapor tidak hanya terjadi pada tahun ini saja. Beliau menuturkan bahwa, di tahun-tahun sebelumnya juga banyak sekolah yang mengajukan revisi nilai rapor siswanya.

Bambang pun tidak ingin berburuk sangka mengenai hal tersebut dijadikan modus untuk mengatrol nilai siswa. Bisa jadi memang dalam menginput nilai rapor siswa tahun sebelumnya, terjadi kesalahan sehingga harus diperbaiki.

Oleh: Muhamad Erzal
(Diolah dari berbagai sumber)