Pendaftar Perguruan Tinggi Islam Tahun 2015 Meningkat

21 Juni 2015 Berita Pendidikan


Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia tercatat dalam tiga tahun terakhir mengalami peningkatan. Tahun ini tercatat PTKIN mengalami kenaikan pendaftar sebesar 10 persen dibanding tahun lalu.

Hal ini diungkapkan dalam data Direktorat Pendidikan Tinggi Agama Islam Kementerian Agama dari jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2015 menjadi 77.224 pendaftar.

"Ini menunjukkan bahwa 55 PTKIN seluruh Indonesia bukan lagi perguruan tinggi kelas dua tapi sudah menjadi pilihan utama," papar Kasubdit Pengembangan Akademik Muhammad Zain di kantornya, area Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis.

Selain Ujian Masuk Mandiri, adapula jalur masuk ke PTKIN yaitu melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional, dan Ujian SBMPTN.

Menurut Zain, tingginya peminat itu dapat memberikan kontribusi bagi Indonesia dalam melahirkan generasi berpendidikan Islam yang moderat.

Posisi PTKIN sendiri, kata dia, sangat strategis dalam mengembangkan demokrasi, toleransi, merajut persatuan dan kesatuan bangsa, serta menjaga keutuhan NKRI. Alasannya, perguruan tinggi Islam memiliki kurikulum dengan kandungan empat pilar kehidupan berbangsa yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Indonesia sebagai negara Muslim terbesar di dunia, lanjut dia, memiliki sisi kehidupan demokrasi yang progresif. Perkembangan demokrasi ini juga tidak lepas dari peran serta perguruan tinggi Islam begitu juga cendekiawan Muslim, tokoh-tokoh agama dan ormas Islam yang mengkampanyekan Islam moderat.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)