Peminat Bahasa Jepang Semakin Tinggi

23 Agustus 2010 Berita Pendidikan


JAKARTA - Indonesia merupakan negara ketiga terbanyak yang mempelajari bahasa Jepang setelah China dan Korea Selatan. Beberapa tahun belakangan, jumlah orang Indonesia yang belajar bahasa Jepang terus meningkat.

"Saya melihat perkembangan antara Indonesia Jepang dalam pendidikan semakin baik," ujar Humas Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, Masaki Tani, pada "Pameran dan Seminar Pendidikan Jepang di Hotel NIKKO, Jakarta Pusat, Sabtu (21/08/2010).

Masaki menjelaskan, pada 2006 lalu di Indonesia ada sekitar 207.000 orang mempelajari bahasa Jepang. Pada 2009 jumlah tersebut meningkat drastis menjadi 720.000 orang.

Menurutnya, bahasa Jepang adalah salah satu modal dasar yang kuat untuk melanjutkan studi ke negeri Nintendo itu. Salah satu contoh layak dipertimbangkannya kesempatan belajar ke Jepang adalah kondisi perekonomian negara tersebut.

"Walaupun belum tumbuh sempurna, tapi masih bersaing di dunia. Jepang akan tetap melaksanakan inovasi," tuturnya.

Dia juga menjelaskan, pendidikan sangat dihargai di Jepang. Hal itu dapat terlihat pada sebagian besar karyawan di Jepang yang terus dijejali dengan berbagai macam pendidikan.

Sumber: edukasi.kompas.com