Pemetaan Guru, DKI Bentuk Tim Adhoc

3 Maret 2011 Berita Pendidikan


JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan kehilangan ribuan tenaga pendidik dikarenakan adanya pensiun massal pada 2012 nanti. Untuk mengantisipasi kejadian tersebut dan menjaga kualitas pendidikan di Jakarta, Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta akan membentuk tim Adhoc yang terdiri dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Badan Kepegawaian Daerah (BKD), dan Dinas Pendidikan.

Demikian disampaikan Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Agus Suradika, Rabu (2/3/2011).

"Action point terkait pensiun massal tahun 2012 itu akan dibahas dalam rapat tim Adhoc Kamis pekan depan," ucap Agus.

Tim Adhoc tersebut, lanjut Agus, akan membicarakan soal peningkatan kemampuan guru dan ketersediaan tenaga kerja.

"Termasuk juga soal pengangkatan tenaga pendidik honorer nantinya akan dibahas. Kami sedang pelajari regulasinya dan coba kami sinergikan soal kekurangan guru dan pengangkatan tenaga pendidik," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, pada 2012 sebanyak 3.718 guru akan masuki masa pensiun karena sudah menginjak usia 60 tahun (2012, DKI Terancam Defisit Guru). Untuk guru tingkat SD sebanyak 1.112 orang, tingkat SMP mencapai 2.379 orang, SMA sebanyak 145 orang, dan SMK 82 orang.

Saat ini, pihak Dinas Pendidikan DKI Jakarta tengah melakukan pemetaan terkait kekosongan guru tersebut. Pemetaan itu didasarkan pada mata pelajaran sehingga bisa didata tenaga pendidik yang diperlukan.

"BKD juga saat ini tengah menyiapkan masa pensiun guru-guru tersebut," tandasnya.

Sumber: kompas.com