Pemerintah Usahakan Gaji Honorer Dinaikkan

29 April 2016 Berita Pendidikan


Kesejahteraan guru PNS dan honorer yang bagaikan langit dan bumi membuat Komisi X DPR RI prihatin. Untuk itu Komisi X sedang memperjuangkan agar gaji guru Honorer bisa menjadi Rp 3 juta per bulan.

Pimpinan Komisi X DPR RI Utut Adianto mengatakan timnya sudah membuat simulasi gaji guru honorer Rp 3 juta per bulan. Dengan begitu dibutuhkan dana sekitar Rp 29 triliun untuk 860 ribu guru.

Menurut Utut, selama ini DAU pendidikan Rp 142 triliun, dan sebagian besarnya habis untuk biaya gaji guru PNS. Sementara itu guru honorer tidak masuk dana alokasi sehingga hanya dibayar sesuka hati.

Pada Februari lalu, ribuan guru honorer berdemo untuk menuntut peningkatan kesejahteraan dan status honorer menjadi PNS. Sudah banyak keluh kesah dari guru honorer terkait upah yang tidak sebanding dengan guru PNS.

"Saya ini sudah puluhan tahun mengabdi di sekolah negeri dengan SK walikota. Gaji saya waktu itu Rp 90 ribu per bulan dan sampai saat ini tidak lebih dari Rp 500 ribu," keluh salah satu guru honorer di Jogja.

Untuk itu diharapkan Komisi X dan Kemendikbud bisa menyesaikan masalah ini dengan cepat.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)