Berita Pendidikan
6 Januari 2010

Pemerintah Siapkan UN Pendidikan Agama

JAKARTA (SI) Pemerintah akan memberlakukan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) khusus untuk mata pelajaran pendidikan agama secara nasional bagi jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Nantinya,USBN Pendidikan Agama (PA) akan dilaksanakan sepekan setelah pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Direktur Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Departemen Agama (Depag) Imam Tholkhah mengatakan, Depag akan bekerja sama dengan Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) untuk membentuk penyelenggara USBN PA tingkat pusat, menyusun,dan menetapkan prosedur operasi standar (POS) USBN PA.

Menurut Imam, dengan USBN PA ini nantinya, penyelenggara tingkat pusat akan bertanggung jawab menetapkan kisi-kisi soal, menyusun, dan menetapkan 25 butir soal. Sedangkan untuk tingkat provinsi, bertanggung jawab melakukan koordinasi di wilayah masing-masing, menyusun, serta menetapkan 75 butir soal USBN PA di wilayahnya. Dalam USBN PA, tidak ada standar nilai yang ditentukan. Semua kami serahkan ke pihak provinsi. Selain itu,pihak guru juga diberi kewenangan untuk meluluskan siswanya.

Hal ini jelas berbeda dengan UN yang mematok standar nilai dan tidak memberikan kewenangan kepada guru,papar Imam di Jakarta kemarin. Depag,ujar dia,sudah melakukan uji coba terkait USBN PA di 42 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Hasilnya,menurut dia, dinilai cukup memuaskan.

Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Teuku Ramli Zakaria menyatakan, USBN PA bertujuan untuk mengukur pencapaian pendidikan agama, meningkatkan mutu penilaian pendidikan agama,mengevaluasi kinerja satuan pendidikan berdasarkan pencapaian pendidikan agama, dan meningkatkan apresiasi peserta didik terhadap pendidikan agama. (nurul huda)Sumber: seputar-indonesia.com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris