Pemerintah DKI Jakarta Siapkan 44.726 Kursi SMA

1 Juli 2010 Berita Pendidikan


Jakarta - Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyiapkan 44.726 kursi guna menyambut calon siswa sekolah menengah atas. 5 persen diantaranya disediakan bagi siswa yang berasal dari luar Jakarta, ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, hari ini.

Taufik menjelaskan, proses prapendaftaran dimulai hari ini hingga akhir bulan Juni. Para orang tua murid yang hendak mendaftarkan anaknya dapat mendaftar secara online melalui situs www.ppdbdki.org.

Masa prapendaftaran adalah tahapan yang harus dilalui oleh calon siswa yang berasal dari luar Jakarta. Seluruh calon siswa nantinya diminta mendaftar kembali di sekolah manapun yang dibuka pada tahap pertama sejak tanggal 1-3 Juli.

Diakhir 3 Juli, pemerintah akan mengumumkan calon siswa yang diterima di sekolah tujuannya. Mereka yang diterima diminta melapor diri di sekolah tujuannya masing-masing mulai tanggal 5-6 Juli.

Semuanya gratis. Tidak dipungut bayaran sepersenpun. Jika ada yang meminta kutipan, silahkan dilaporkan kepada pemerintah, kata Taufik.

Pendaftaran calon siswa baru akan menggunakan sistem ambang batas. Artinya, kuota kursi yang disediakan akan diisi oleh mereka yang mereka mendaftar dengan nilai ujian tertinggi. Nah, siswa yang gagal diterima nantinya dapat melihat informasi bangku kosong pada tanggal 6.

Juru bicara Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Bowo Irianto menjelaskan, siswa yang belum tertampung dapat mendaftarkan di tahap kedua yang dibuka pada tanggal 7-8 Juli. Hasilnya diumumkan tanggal 8 dan setiap siswa diminta melapor diri pada tanggal 9 Juli, katanya.

Setiap calon siswa SMU dapat memilih untuk lima sekolah tujuan. Adapun sistem pendaftaran bagi Sekolah Menengah Kejuruan dibuat untuk tiga pilihan saja. Syaratnya hanya keterangan lulus dari sekolah asal dan Ujian Nasional, kata Bowo.

Untuk tahun ajaran ini, kata Bowo, kuota yang disiapkan untuk calon siswa luar Jakarta disediakan sebanyak 2.236 kursi. Proses pendaftaran dapat dilakukan di sekolah-sekolah yang telah ditentukan pemerintah, ujarnya.
Pendaftaran bagi calon siswa yang berasal dari luar Jakarta dan Luar Negeri (selain Tangerang, Depok dan Bekasi) disentralisasi di SMA 68. Bagi warga Bekasi, pendaftaran dapat dilakukan di SMA 72, Kelapa Gading, SMA 54 Rawa Bunga, dan SMA 99, Jl. Raya Bogor.

Siswa yang berasal dari wilayah Tangerang dapat mendatangi SMA 33 Cengkareng, SMA 38 Lenteng Agung, dan SMA 90 Pesanggrahan. Adapun pendaftaran bagi warga Depok dapat dilakukan di SMA 38 Lenteng Agung, 90 Jl. Raya Bogor, SMA 54 Rawa Bunga.

RIKY FERDIANTO

Sumber: tempointeraktif.com