Pemerintah Akan Tuntaskan Evaluasi UN

27 Mei 2010 Berita Pendidikan


Kementerian Pendidikan Nasional akan segera menyelesaikan evaluasi pelaksanaan ujian nasional (UN) 2010 yang diselenggarakan secara serentak di tingkat nasional, baik UN utama pada Maret 2010 maupun UN ulangan pada April 2010.
"Nantinya, evaluasi yang dilakukan termasuk di antaranya adalah evaluasi kinerja guru merujuk pada hasil UN serta UN ulangan yang sudah digelar," kata Wakil Menteri Pendidikan Fasli Jalal, ditemui wartawan setelah acara peluncuran perangkat lunak pengolah kata MBC 5 di Gedung Kementerian Pendidikan, Jakarta, Rabu (26/5/2010).
Selain itu, kata Fasli, pihak Kemendiknas juga akan menganalisis kinerja pihak Dinas Pendidikan di tiap provinsi dan kabupaten/kota, serta daya serap murid terhadap materi-materi pelajaran. Nantinya, setelah dilakukan sejumlah kajian dan analisa, menurut Fasli bisa dijadikan dasar bagi penentuan kebijakan pendidikan dari Kemendiknas.

"Hasilnya akan melahirkan intervensi, baik pelatihan, penambahan guru, penambahan sarana, penambahan biaya operasional, pengelolaan sekolah yang lebih kondusif untuk pendagogi dan akan melahirkan perbuhan-perubahan," tandasnya.(samuel)
Editor: latief

Sumber: Tribunnews.com (kompas.com)