Pembelajaran Pramuka Akan Pakai Internet

6 Agustus 2010 Berita Pendidikan


JAKARTA - Ketua Kuartir Nasional Gerakan Pramuka Azrul Azwar mengatakan metode pendidikan gerakan pramuka akan menggunakan internet dalam penyampaian materi dan juga pelaksanaan outbond. Misalnya, jambore internet. Hal ini untuk menarik minat generasi muda. "Revitalisasi pramuka dengan memperbaharui metode pembelajaran," katanya usai bertemu dengan Wakil Presiden Boediono di Kantor Wakil Presiden, Rabu (4/8).

Sebelumnya, pemerintah sedang mengkaji pendidikan karakter bangsa salah satunya melalui pendidikan pramuka. Hal ini dilakukan setelah pendidikan moral dan karakter bangsa dirasakan kurang.

Menurut Azrul, metode penggunaan internet ini sedang digemari oleh generasi muda. Juga, permainan di alam terbuka yang sering digunakan sejumlah perusahaan yang awalnya pertama digunakan oleh pramuka. "Metode ini awalnya dari Pramuka," katanya. Dia mengatakan pembentukan karakter bangsa ini sangat penting. Hal ini menjadi pendorong pendidikan generasi muda yang lebih baik. "Ini yang disampaikan wapres," ujarnya.

Selain itu, Pramuka juga akan mengkaji atribut yang bisa menarik minat para siswa. Misalnya, warna pakaian, peci, atau pun atribut yang digunakan. "Sedang dikaji tim," katanya. Saat ini, lanjut Azrul, tim masih melakukan studi banding terhadap 150 negara yang juga memiliki gerakan semacam pramuka.

Pramuka, kata dia, juga akan memberikan masukan dalam pembahasan Undang Undang Pramuka.

Sumber: tempointeraktif.com