Pelatihan Jurnalistik untuk Siswa SMA dan SMK

22 November 2010 Berita Pendidikan


CISARUA - Sudin Pendidikan Menengah (Dikmen) Jakarta Barat diminta melanjutkan pelatihan peningkatan jurnalistik bagi para siswa sekolah baik SMA maupun SMK.

Kami berharap pelatihan jurnalistik tidak hanya untuk membimbing untuk mengelola majalah dinding, atau hanya sekadar memberi pengetahuan kepada siswa. Kami ingin dari pelatihan ini lahir wartawan profesional, harap Rosyid Romancyah siswa kelas 12 SMK Prima Wisata,satu peserta .

Rosyid mengikuti pelatihan jurnalistik dalam dua tahapan, namun masih merasa, kurang. Alasannya, wartawan harus memahami berbagai macam ilmu; sosial dan politik, hukum, dan lainnya.

Bukankah menjadi wartawan tidak sekadar memahami kode etik jurnalistik, fotografi, dan cara penulisan? katanya lagi.

Hal yang sama juga disampaikan Vincent. siswa kelas 12 di SMA II. Ia berharap ke depan Dikmen Jakarta Barat dapat memberikan pelatihan untuk media elektronik dan karikatur.

Di sekolah saya juga ada radio sekolah dan ruang media, tapi kami masih perlu mendalaminya,kata Vincent

Menurut Kasie SMA Sudin Dikmen Jakarta Barat, Yusen Hardiman, saran peserta akan dilanjutkan ke Dinas Pendidikan DKI. Sudin Dikmen di tingkat wilayah berwenang menyampaikan ke tingkat provinsi. Tapi kami yakin selama program yang diberikan mempunyai nilai manfaat yang tinggi, dapat menjadi pertimbangan provinsi untuk melanjutkan usulan tersebut, tuturnya.

Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan 2 hari di Cisarua diikuti 70 peserta dari berbagai sekolah SMA dan SMK negeri maupun swasta. Pembukaannya dilakukan Ka Sudin Dikmen Jakarta Barat Drs.H.Abdul Hamid, Kamis sore.

Sumber: poskota.co.id