PAUD di Jogja Terapkan Kurikulum Kejujuran

24 Desember 2014 Berita Pendidikan


Mulai tahun depan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Jogja akan menerapkan semacam kurikulum yang berisi pendidikan kejujuran.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Jogja Tri Kirana Muslidatun mengatakan mengingat pentingnya menanamkan sikap jujur sejak dini merupakan salah satu landasan terciptanya program yang akan direalisasikan tahun depan yaitu kurikulum kejujuran di PAUD.

Disamping memberikan pendidikan kejujuran melalui PAUD, Tri Kirana juga akan terus melakukan penguatan sikap kejujuran mulai dari keluarga. Seperti Anda ketahui keluarga merupakan satuan terkecil masyarakat memiliki pengaruh penting dalam membentuk sikap dan karakter anak.

"Perempuan atau ibu memiliki pengaruh besar dalam keluarga sehingga penguatan sikap kejujuran itu perlu diawali dari perempuan," paparnya.

Beliau memaparkan anak yang sudah memiliki karakter untuk selalu bersikap jujur merupakan modal bangsa yang sangat baik, khususnya dalam hal memberantas korupsi.

"Dengan demikian, Indonesia akan menjadi bangsa yang tangguh di masa yang akan datang," katanya.

Tidak berhenti sampai itu saja, tim penggerak PKK Kota Jogja juga akan menggabungkan program antara posyandu, PAUD, Bina Keluarga Balita (BKB), dengan program stimulasi deteksi intervensi dini tumbuh kembang (SDIDTK).

Hal tersebut bertujuan untuk memantau perkembangan anak sejak dini baik dari perkembangan fisik dan mental, sehingga apabila ada anak berkebutuhan khusus (ABK) dapat ditangani sejak dini.

"PAUD bisa memberikan pendampingan untuk memberikan pendidikan kepada anak berkebutuhan khusus ini. Kami terus mencari sponsor untuk membantu pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus," ungkapnya.

Pendataan mengenai anak berkebutuhan khusus yang berada di wilayah Kota Jogja juga tengah dilakukan oleh pihak terkait. Bahkan di sejumlah PAUD yang ada di Kota Jogja kini telah dilengkapi dengan alat pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)