Paris, Kota Terbaik bagi Pelajar

10 Desember 2013 Berita Pendidikan


Paris, ibu kota Prancis, kembali dinobatkan menjadi kota terbaik bagi para pelajar, mengalahkan sejumlah kota lain termasuk London, ibu kota Inggris. Sementara London menduduki peringkat kedua hanya dengan perbedaan dua poin pada peringkat Best Student Cities yang dibuat oleh lembaga pemeringkat universitas di dunia, Quacquarelli Symonds (QS).

"Tidak heran London menarik mahasiswa kaliber tinggi dari seluruh dunia. London memiliki lebih banyak perguruan tinggi berkelas dibandingkan kota-kota lain," kata Wali Kota London, Boris Johnson.

Wali Kota London itu mengatakan, siswa mendapatkan manfaat dari "ruang hijau dan kehidupan malam yang tidak tertandingi" di London. Namun, Paris menang karena belajar di sana lebih murah ketimbang di London.

Sebelumnya, Paris menjadi kota pelajar terbaik di dunia 2012. Pada tahun ini, Paris dinilai sebagai kota yang lebih berorientasi kepada para pelajar dan para lulusan dari universitas di Paris menjadi "target prioritas" dari banyak perusahaan di seluruh Eropa. "Kota Manchester dan Edinburgh juga menduduki peringkat 50 besar, dengan Manchester di urutan ke-29 dan Edinburgh ke-32," tulis laporan itu.

Biaya Studi Murah

Kepala Riset QS Ben Sowter, mengatakan, "Rendahnya biaya studi membuat Paris menjadi tempat tujuan baik bagi pelajar domestik maupun internasional. Namun, selain itu, kinerja lembaga pendidikan Paris dalam peringkat QS, terkait kemungkinan untuk mempekerjakan lulusan dan kualitas nilai hidup yang tinggi, membuat ibu kota Prancis itu, sekali lagi, menjadi kota pelajar terbaik sedunia."

Dia menuturkan, untuk dipertimbangkan dalam peringkat QS, sebuah kota harus memiliki jumlah penduduk lebih dari 250.000 jiwa dan setidaknya ada dua universitas di peringkat Universitas Dunia QS .

Sekitar 98 kota di dunia memenuhi syarat atas dasar itu, sebagian besar kota berada di Amerika Serikat dan sebanyak enam kota berada di Australia.

Profil QS

Quacquarelli Symonds (QS) adalah perusahaan Inggris yang mengkhususkan diri di bidang pendidikan dan studi di luar negeri. Perusahaan itu didirikan pada 1990 oleh Nunzio Quacquarelli. Saat ini, QS memiliki lebih dari 200 karyawan dan beroperasi secara global dari kantor di London (kantor pusat di Hampstead, London Utara), New York, Boston, dan Washington DC (Amerika Serikat), Paris (Prancis), Singapura, Stuttgart (Jerman), Sydney (Australia), Shanghai (China), Johannesburg (Afrika Selatan), dan Alicante (Spanyol).

QS menyediakan layanan bagi mahasiswa, alumni, master, PhD, MBA, dan kandidat executive MBA. QS menawarkan publikasi dan acara untuk memperluas ruang lingkup studi di luar negeri. QS menjalankan acara dan menghasilkan panduan untuk mahasiswa pascasarjana di 35 negara. (BBC)

10 peringkat besar, berikut ini 10 peringkat Kota Pelajar Terbaik yang dilansir topuniversities.com.

1. Paris

2. London

3. Singapura

4. Sydney

5. Zurich

6. Melbourne

7. Hong Kong

8. Boston

9. Montreal

10. Munich

(Dikutip dari sumber satu harapan.com)