Berita Pendidikan
8 Maret 2010

Paradigma Pendidikan Bergeser

Dalam Rembuk Nasional Pendidikan, Mendiknas juga menyatakan dunia pendidikan di Tanah Air telah mengalami pergeseran paradigma. Karena itu, kesempatan belajar, kesetaraan pendidikan, dan layanan komprehensif perlu lebih dicermati.

Saya melihat fakta di lapangan yang menunjukkan telah terjadi pergeseran-pergeseran paradigma di dunia pendidikan. Wajib belajar sembilan tahun bergeser menjadi hak belajar sembilan tahun, paparnya.

Dia menegaskan, masyarakat mempunyai hak untuk menuntaskan sembilan tahun. Kalau itu menjadi hak maka semua pihak, termasuk pemerintah dan negara harus menyiapkan mulai dari sarana, prasarana, dan bisa dijamin bahwa siapa pun bisa menuntaskan sembilan tahun untuk belajar.

Dia juga menekankan tentang pentingnya pendidikan karakter. Bobot atau persentase tentang pendidikan karakter perlu mendapatkan perhatian khusus mulai dari jenjang prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sampai perguruan tinggi.

Mendiknas juga menyoroti fungsi sekolah. Sekolah negeri, kata dia, akan bergeser menjadi sekolah publik. Pergeseran ini, menurutnya, akan membawa dampak yang luar biasa.

Sebelumnya, sekolah negeri hanya dipakai siswa untuk aktivitas belajar dari siswa itu saja. Kalau sekolah publik, ada ekspansi fungsi dan pemanfaatan.

Tidak hanya siswa dari sekolah itu yang dapat memanfaatkan, tetapi pada sore hari dapat dimanfaatkan anggota masyarakat dengan koridor yang terkendali. (ant-45)Sumber: Suaramerdeka.Com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris