Pakar Pendidikan: Pembelajaran Jadi Lebih Menyenangkan di Kelas dengan Humor

8 Januari 2016 Berita Pendidikan


Jika dihayati lebih dalam, pendidikan di Indonesia ini sebenarnya terlalu membebani peserta didik. Konteks belajar menyenangkan pun dinilai jauh dari harapan. Padahal, kondisi belajar yang menyenangkan merupakan salah satu kondisi tepat bagi peserta didik dalam memahami sebuah pelajaran.

Rektor Universitas Trilogi Prof. Dr. Asep Saefuddin menyatakan bahwa humor menjadi salah satu solusi yang perlu dipertimbangkan dalam pembelajaran. Pasalnya, pembelajaran yang sedikit disisipi humor akan jauh lebih menyenangkan serta menimbulkan kenyamanan dalam belajar bagi para murid. Sehingga baik pengajar maupun peserta didik akan lebih rileks dan tidak merasa kaku.

Dalam acara Seminar Pendidikan Humor dalam Pembelajaran di Universitas Trilogi beberapa waktu lalu, Asep berpendapat bahwa hal dasar yang perlu dibangun dalam pembelajaran adalah kondisi kedua pihak dalam belajar. Menurutnya, pertimbangan apakah mereka senang atau tidak menjadi hal yang penting.

Asep juga menyarankan agar para pendidik memiliki jiwa kreatif untuk mengubah kondisi belajar anak menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Sependapat, Guru Besar Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Prof. Dr. Zulela menyatakan bahwa lingkungan belajar yang kondusif dapat meningkatkan resapan siswa atas bahan pelajaran yang disajikan.

Kesimpulan yang dapat diambil adalah jika saja kondisi belajar yang baik dan nyaman, pelajaran serta informasi yang diserap oleh murid juga akan sempurna. Nah, dengan disisipi humor, komunikasi antara guru dan murid jadi lebih hidup dan tidak kaku.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)