Paham ISIS Sudah Menyebar ke Sekolah?

11 Agustus 2014 Berita Pendidikan


Akhir-akhir ini marak kabar mengenai kelompok Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS). Paham ISIS diyakini bertujuan untuk memecah belah umat Islam dan ajarannya menyesatkan. Kelompok ini dikhawatirkan masuk ke lingkungan sekolah terutama untuk sekolah yang berbasis Agama Islam.

Drs H Abudin MAg, Kepala Kantor Kemenag Kota Cirebon, menghimbau agar masyarakat tidak mudah terpancing dengan doktrin dari ISIS ini. Khawatir ISIS akan menyusup masuk ke dalam lingkungan sekolah maka Abudin mengatakan akan berupaya untuk mencegah masuknya paham ISIS ke pelajar, santri maupun mahasiswa. Selain itu dikhawatirkan kelompok pengajian rawan disisipi materi tentang ISIS.

Sementara itu menurut Drs KH Sholihin Uzeir, Ketua MUI Kota Cirebon, ISIS tidak sesuai dengan kaidah ajaran Islam yang cinta damai. Pihaknya sudah mendengar informasi ISIS saat Rapat dengan jajaran Polresta Cirebon, kemarin. Dalam pertemuan tersebut, Uzer melihat rekaman video anggota ISIS yang melakukan kekerasan dan pembunuhan.

Lebih lanjut Uzer mengatakan bahwa ajaran Islam tidak membenarkan adanya tindakan kekerasan apalagi sampai pembunuhan. Uzer mengatakan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan negara yang berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa dan sudah diatur dalam Undang-undang. NKRI juga menjamin kebebasan penduduknya dalam beragama. Dikarenakan kaidahnya tidak benar maka MUI melarang ISIS masuk ke Indonesia demikian dikatakan oleh Uzer.

Diharapkan agar masyarakat Indonesia khususnya umat Islam tidak mudah terpancing dengan paham-paham yang berada di luar kaidah agama Islam.

Oleh: Indra K
(Dikutip dar jpnn.com)