Orang Tua dan Siswa, Ini Dia Strategi Agar Lolos PPDB Jalur Khusus

24 Juni 2016 Berita Pendidikan


Terhitung hari Selasa, 21 Juni 2016 lalu, Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk enam jalur khusus dimulai secara offline.

Pendaftaran ini dilakukan secara offline yang otomatis masyarakat dan calon siswa harus datang ke lokasi sekolah tujuan. Enam jalur khusus itu adalah jalur Mitra Warga, Prestasi Olahraga, Prestasi Akademis, Jalur Prestasi Non Akademis, Inklusif, dan Satu Lokasi.

Meskipun begitu, para orangtua harus benar-benar memiliki strategi dalam menghadapi ketentuan yang tak jarang membuat para siswa tidak lolos ke sekolah yang diinginkan.

Ketua PPDB Yusuf Masruh mengatakan banyaknya siswa tidak lolos itu karena mereka salah menentukan sekolah yang dituju sesuai dengan kemampuan dan tempat tinggal mereka.

Pada PPDB kali ini,nantinya Dispendik yang akan menentukan sekolah yang akan menerimanya. Orang tua dan siswa cukup mengisi data formulir dan melampirkan prestasi akademik, nonakademik maupun olahraga.

Beberapa strategi yang bisa orangtua coba adalah dengan menentukan sekolah terdekat serta memiliki kriteria yang diinginkan. Sebenarnya, persaingan yang makin ketat ini disebabkan calon peserta didik terpusat pada beberapa titik sekolah saja, padahal sebaran pendaftarnya telah merata.

Strategi lain yang bisa orangtua murid coba adalah dengan tidak terburu-buru dalam menentukan sekolah tujuan. Sebab, selama ini banyak orangtua dan siswa yang cenderung ikut-ikutan teman atau tetangganya untuk sekolah ke sekolah tertentu. Dengan tidak memperkirakan jarak maupun kemampuan siswa, alhasil justru malah tidak lolos dan masuk sekolah yang dituju.

Kepala Dispendik Surabaya Ikhsan, menjelaskan bahwa tahun ini seleksi jalur sekolah kawasan tetap menggunakan dua parameter, yaitu 40 persen nilai UN dan 60 persen nilai Tes Potensi Akademik (TPA). Konten TPA tetap menggunakan tiga aspek, di antaranya verbal, figural dan numerikal. Kemampuan berfikir verbal meliputi pemahaman bacaan, analogi verbal, melengkapi kalimat dan klasifikasi verbal.

Jadi, pada PPDB 2016/2017 kali ini, pertimbangkan terlebih dahulu dalam memilih sekolah yang dituju.

Semoga berhasil!

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)