Olimpiade Matematika dan Sains, Indonesia Incar 4 Medali Emas

12 Oktober 2010 Berita Pendidikan


DENPASAR - Menghadapi pelaksanaan Olimpiade Matematika dan Sains Internasional tingkat sekolah dasar yang berlangsung di Denpasar, Bali, 10-16 Oktober 2010 mendatang, kontingen Indonesia menargetkan 4 medali emas. Selain medali, Indonesia juga berharap mampu menjadi juara umum di rumah sendiri.

Kalau dengan empat medali emas itu kita bisa jadi juara umum, ya, kita harus bersyukur, ujar Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan Nasional Suyanto usai acara pembukaan, Senin (11/10/2010).

Kontingen Indonesia yang diwakili oleh 44 orang ini terdiri dari 1 ketua tim, 19 peserta Matematika, 18 peserta Sains, dan 6 pengajar akan beradu pintar dengan 8 tim dari negara lain, yakni Malaysia, Singapura, Filipina, Taiwan, Thailand, Iran, Srilanka, serta Brunei Darussalam.

Pada olimpiade kali ini para peserta akan diberi tes teori dan eksplorasi untuk Matematika dan tes teori dan eksperimen pada kategori Sains. Suyanto berharap, dengan mengikuti olimpiade ini kecintaan terhadap Matematika dan Sains dapat dipupuk sejak usia dini.

Kita berharap kecintaan terhadap Matematika bisa ditumbuhkan sejak dini. Selain itu, tujuan lomba ini adalah bagaimana peserta didik mampu merelasikan matematika dengan dunia kehidupan mereka, jelasnya.

Sumber: kompas.com