Berita Pendidikan
21 Juni 2010

Nilai Minimal RSBI SMP Diturunkan

SURABAYA Rangkaian Penerimaan Siswa Baru (PSB) Online 2010 di Surabaya dimulai Senin (21/6) besok dengan diawali pendaftaran untuk sekolah RSBI. Namun di detik-detik akhir pendaftaran, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya mengeluarkan kebijakan baru. Yakni menurunkan persyaratan bagi pendaftar SMP. Untuk PSB besok, nilai UASBN (Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional) rata-rata dibolehkan minimal 8,40, padahal sebelumnya dipatok 8,50.

Merujuk keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya No: 420/6718/436.6.4/2010 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik menyebutkan bahwa persyaratan administrasi calon peserta RSBI SMP tahun 2010 nilai UASBN rata-rata minimal 8,50 dengan jumlah nilai UASBN 25,50 dan tidak ada nilai di bawah 7,50.

Belakangan Dispendik mengubah syarat tersebut. Yakni nilai UASBN rata-rata minimal 8,40 dengan jumlah nilai UASBN minimal 25,20 dan tidak ada nilai di bawah 7,50.

Penurunan nilai itu adalah kebijakan Dispendik Kota Surabaya dan itu berlaku untuk pendaftaran RSBI SMP Senin besok, kata Ketua PSB Online 2010 Ruddy Winarko, Minggu (20/6) siang.

Sedangkan untuk persyaratan pendaftar SMA RSBI menurut Ruddy tak ada perubahan. Nilai SKHUN (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional) rata-rata tetap minimal 8,50, jumlah nilai UN minimal 34,00 dan tidak ada nilai di bawah 7,50.

Saat disinggung turunnya persyaratan pendaftar SMP karena hasil UASBN yang jeblok, Ruddy enggan berkomentar. Bukan kewenangan saya, biar Kepala Dispendik sendiri yang menjelaskan, kelitnya.

Sayangnya saat dikonfirmasi soal perubahan kebijakan nilai minimal yang harus dipenuhi calon siswa SMP RSBI, Kepala Dispendik Kota Surabaya Sahudi tidak bisa dihubungi. Hingga pukul 11.00 tadi, ponselnya aktif saat dihubungi namun tidak diangkat.

Sekadar mengingatkan setelah Surabaya gagal menjadi yang terbaik dalam Ujian Nasional (UN) baik SMP dan SMA, nilai rata-rata UASBN untuk siswa SD pada tahun ini juga jeblok.

Berdasarkan data Daftar Kolektif Hasil UASBN di Dinas Pendidikan Provinsi Jatim yang diumumkan, Senin (14/6) lalu, nilai rata-rata UASBN siswa Surabaya terpental dari 10 besar. Lagi-lagi, Surabaya harus mengakui ketangguhan siswa daerah yang nilainya jauh lebih tinggi ketimbang kota ini. Peringkat pertama diduduki Kota Mojokerto dengan nilai rata-rata 24,42. Sedangkan Kota Surabaya menduduki peringkat ke-17 dengan nilai rata-rata 21,67.

Ketua Tim IT PSB Online 2010 Yudi Purwananto mengingatkan agar pendaftar RSBI luar kota untuk tidak lupa melakukan verifikasi ke sekolah-sekolah yang ditunjuk. Kalau tidak diverifikasi maka dia tidak dapat nomor ujian tes masuk RSBI, terang Yudi.

Setelah itu, siswa luar kota menunggu pengumuman hasil print out siapa saja yang lolos seleksi. Selanjutnya siswa yang lolos akan ikut tes yang digelar pada 25-26 Juni 2010 dan mengujikan tiga mata pelajaran yaitu IPA, Bahasa Inggris dan Matematika. sit

Sumber: surabayapost.co.id

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris