Naik Peringkat Dunia, UI Jadi Universitas Terbaik di Indonesia!

9 September 2016 Berita Pendidikan


Saat ini Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat 325 dunia, naik 33 peringkat dari peringkat sebelumnya di tahun 2015. Hal ini membuat UI menjadi universitas terbaik di Indonesia.

"UI berhasil mempertahankan posisinya menjadi universitas terbaik di Indonesia selama 5 tahun berturut-turut menurut hasil publikasi tahunan QS University Ranking," kata Kepala Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti.

QS University Ranking merupakan pemeringkatan resmi yang dijadikan acuan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI untuk mengukur kualitas kelembagaan Perguruan Tinggi di Indonesia menuju World Class University.

Pada tahun2016, UI menggencarkan pelaksanaan konferensi internasional untuk memacu pengembangan budaya riset dan inovasi, serta meningkatkan jumlah publikasi jurnal ilmiah internasional. Bahkan UI menjadi tuan rumah di 24 Konferensi Internasional yang mengedepankan tema - tema riset unggulan di masing - masing fakultas.

Peningkatan peringkat ini disambut gembira oleh rektor UI Prof.Dr.Ir.Muhammad Anis, M.Met. Namun ia mengaku mengejar peringkat bukan menjadi tujuan utama, melainkan UI berkomitmen meningkatkan mutu pendidikan universitas. Salah satunya dengan upaya pemenuhan indikator yang digunakan oleh lembaga pemeringkatan bergengsi dunia.

"Dengan menjaga mutu pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat maka UI turut berkontribusi dalam menghasilkan lulusan unggul yang dapat bermanfaat dalam menyelesaikan permasalahan bangsa," tuturnya.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)